Lemas dan mengantuk (Ilustrasi/Pexels)
Lemas dan mengantuk (Ilustrasi/Pexels)

Tips agar Tetap Sehat dan Tidak Lemas saat Berpuasa

Rona nutrisi tips berpuasa
Raka Lestari • 01 Mei 2020 15:59
Jakarta: Menjalankan ibadah puasa, dimana tidak diperbolehkan makan dan minum selama lebih dari setengah hari memang terkadang membuat lemas dan cepat mengantuk. Namun sebenarnya, ada cara yang bisa dilakukan agar tetap bisa sehat dan segar selama Anda menjalankan ibadah puasa. 
 
dr. Dion Haryadi, seorang dokter umum yang juga ahli di bidang nutrisi dan fitnes memberikan tips agar tetap bisa sehat dan tidak lemas saat berpuasa seperti berikut ini: 

Ciptakan kebiasaan baik

Bulan puasa adalah waktu yang tepat untuk membangun kebiasaan baik, dengan target yang jelas dan perencanaan yang matang. Contohnya, kurangi konsumsi minuman manis dimulai dengan menurunkan frekuensi minum dari dua kali per hari menjadi dua kali per minggu.

Jangan langsung berbuka puasa dengan makanan berat 

Dengan menjalankan puasa, frekuensi makan kita akan otomatis berkurang, begitu pun kalori  yang masuk ke tubuh akan berkurang dan berat badan pun bisa turun. Tapi yang sering terjadi pada saat berbuka, kita langsung makan berat dan banyak. dr. Dion menyarankan untuk cukup minum air putih dan buah yang tinggi serat dan gula seperti kurma untuk mengembalikan kadar gula darah.

Mengatur porsi makanan demi gizi seimbang 

Untuk mendapatkan gizi seimbang yang juga mengenyangkan, bagi piring jadi enam bagian, dua bagian untuk karbohidrat, satu bagian untuk sumber protein (seperti daging, ikan, ayam, dan lainnya), dua bagian untuk sayur-sayuran dan satu bagian untuk buah-buahan.

Pilih menu sahur dengan glycemic index tidak terlalu tinggi

Saat sahur sebaiknya tidak makan menu dengan glycemic index atau kadar gula yang terlalu tinggi, sehingga saat berpuasa nanti penurunan kadar gulanya tidak menurun terlalu drastis. Caranya adalah menggabungkan makanan dengan glycemic index yang tinggi seperti nasi putih, dengan yang glycemic index rendah seperti daging dan sayuran.

Jangan malas bergerak 

Di tengah pandemi covid-19 ini, jangan lupa untuk lebih memerhatikan aktivitas fisik, meskipun hanya berjalan-jalan di dalam rumah ataupun membersihkan kamar. Dokter Dion menyarankan waktu yang tepat untuk berolahraga adalah 30 menit sebelum buka puasa atau 2-3 jam setelah berbuka dengan makanan berat. Tapi tidak perlu olahraga yang berat, cukup yang berintensitas rendah dan sesuai dengan kemampuan masing-masing.
 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif