NEWSTICKER
Ketika ketidaknyamanan muncul dalam diri Anda, alihkan dengan aktivitas yang menyenangkan misalnya bermain board game. (Foto: Pexels.com)
Ketika ketidaknyamanan muncul dalam diri Anda, alihkan dengan aktivitas yang menyenangkan misalnya bermain board game. (Foto: Pexels.com)

5 Tips Menghadapi Social Distancing dalam Kasus Covid-19

Rona Virus Korona virus corona covid-19 social distancing
Raka Lestari • 16 Maret 2020 15:02
Jakarta: Seiring dengan meningkatnya kasus virus korona covid-19 di Indonesia, pemerintah pun menganjurkan untuk melakukan social distancing measure, yaitu anjuran berdiam di rumah untuk memutus penyebaran covid-19.
 
Pemprov DKI Jakarta merupakan salah satu daerah yang sudah menerapkan aturan ini. Hal ini tentu dapat menyebabkan ketidaknyamanan psikis dari anjuran ini.
 
Dan berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan oleh masyarakat mengenai social distancing dari Perhimpunan Dokter SPesialis Kedokteran Jiwa DKI Jakarta (PDSKJIJAYA):

1. Menerima bahwa rasa tidak nyaman yang muncul adalah kewajaran 

Penerimaan munculnya kecemasan atau perasan lain dalam diri, akan membantu mengelola perilaku. Penolakan perasaan yang muncul justru akan membuat perasaan itu semakin besar dan semakin tidak terkontrol.

2. Komunikasi dengan orang yang dapat membuat Anda nyaman

Tidak boleh berada dekat dengan orang lain, tidak berarti tidak boleh berkomunikasi. Pemanfaatan technology-based communication membuat Anda tetap bisa berkomunikasi dengan kerabat Anda. Berbagi perasaan merupakan hal yang efektif dalam mengelola emosi

3. Terapkan pola hidup bersih sehat

Tidur teratur, melakukan aktivitas fisik yang bisa dilakukan dalam ruangan, cuci tangan berkala, relaksasi, menghirup udara segar di pekarangan atau balkon, dan makan makanan bergizi merupakan aktivitas yang dapat bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh

4. Pantau informasi perkembangan keadaan pada sumber yang tepat

Hindari laporan media atau broadcast chat yang sumbernya tidak jelas dan cenderung mengkhawatirkan. Cari sumber yang terpercaya seperti situs website WHO atau dinas kesehatan setempat atau Kementerian Kesehatan RI. Jangan ikut menyebarkan informasi yang belum pasti

5. Ketika ketidaknyamanan muncul, alihkan dengan aktivitas yang menyenangkan

Gunakan cara-cara yang sebelumnya efektif untuk mengatasi kesulitan hidup Anda. Sebisa mungkin batasi penggunaan gadget dan aliihkan dengan berbagai aktivitas lain seperti bermain boardgame, bermain dengan keluarga, membaca buku, menonton film, memasak, menata rumah, mendengarkan musik, atau berdoa. Lakukan aktivitas yang membantu Anda untuk fokus terhadap saat ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif