Hal yang Harus Diketahui Seputar Bercinta setelah Melahirkan

Torie Natalova 16 Mei 2018 07:00 WIB
seks dan kesehatan
Hal yang Harus Diketahui Seputar Bercinta setelah Melahirkan
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Kehadiran buah hati memang menjadi menjadi perekat hubungan suami dan istri. Namun, awal-awal kehadiran si kecil tak selalu mudah. Setelah melahirkan, pasutri harus menyesuaikan diri dengan beberapa perubahan, salah satunya hubungan seks yang berbeda dengan sebelumnya. 

Beberapa bulan setelah melahirkan, wanita biasanya agak malas untuk bercinta lantaran kelelahan fisik dan emosional. Namun, seiring berjalan waktu biasanya hasrat akan kembali timbul. 

Umumnya, kebanyakan wanita dapat merasa nyaman berhubungan seks dalam 3-4 minggu setelah melahirkan. Terlepas dari kapan Anda memutuskan untuk kembali berhubungan, beberapa hal ini harus Anda ketahui tentang seks setelah melahirkan.


1. Sakit

Tak sedikit wanita mengalami rasa sakit saat kembali berhubungan seks setelah melahirkan. 

2. Kehilangan romantisme 

Memiliki "pekerjaan" baru sebagai ibu juga dapat mengganggu cara Anda memandang diri sebagai mahluk seksual. Biasanya Anda akan mengalami kurangnya keintiman seksual saat kehamilan berkembang yang juga dapat terjadi setelah melahirkan. Peran prioritas sebagai seorang ibu dapat membuat wanita berubah yang tidak lagi memikirkan romantisme seks sebagai hal utama.

3. Jadwal

Jadwalkan waktu berhubungan intim sangat penting karena banyak pasangan bisa sangat lelah dalam mengurus anak, terlebih wanita. Kurang tidur bisa jadi masalah paling umum yang mengganggu kehidupan seks Anda.

4. Merasa tidak percaya diri

Sangat umum bagi wanita untuk berjuang dengan masalah bentuk tubuh setelah melahirkan yang akan terlihat sedikit berbeda. 

Seringkali, ini akan membuat wanita merasa tidak nyaman setelah melahirkan untuk berhubungan intim dengan pasangan. Salah satu cara mencegah pikiran negatif adalah tetap sehat selama kehamilan dengan mempertahankan pola makan sehat dan olahraga rutin yang cocok untuk menjaga tubuh tetap bugar.




(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id