Covid-19 membuat banyak orang merasa stres. (Ilustrasi/Pexels)
Covid-19 membuat banyak orang merasa stres. (Ilustrasi/Pexels)

Beberapa Cara untuk Mengurangi Stres di Tengah Covid-19

Rona Virus Korona stres virus corona covid-19
Kumara Anggita • 10 April 2020 16:05
Jakarta: Covid-19 membuat banyak orang merasa stres. Sementara, kita dianjurkan untuk tidak stres demi menjaga daya tahan tubuh untuk melawan virus.
 
Walaupun mengelola stres dalam masa-masa ini tidak mudah, bukan berarti Anda harus menyerah begitu saja. Berikut cara mengurangi stres di tengah covid yang dilansir dari Psychology Today.

Pertahankan jadwal Anda

Mungkin hal terpenting yang dapat Anda lakukan saat berada di rumah adalah menjaga jadwal Anda seperti sebelumnya. Semua orang melakukan yang terbaik saat ada rutinitas.
 
Hal ini bisa menurunkan hormon stres. Hormon stres rendah berarti kekebalan yang lebih baik juga. Anda bisa memulainya dengan  bangun di waktu yang sama, tidur di waktu yang sama, makan di waktu yang sama, dan lain-lain. Cobalah untuk tidak menonton episode film terlalu banyak hingga jam 3 atau 4 pagi. Simpan untuk hari berikutnya untuk perasaan yang lebih baik.

Olahraga setiap hari

Olahraga bisa membakar hormon stres, menyeimbangkan gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Obat apa yang melakukan semua itu?

Lakukan Ritual Relaksasi

Meditasi pagi atau kelas yoga adalah cara yang baik untuk memulai hari. Aktivitas ini bisa memberi tahu tubuh dan pikiran Anda bahwa segalanya akan baik-baik saja. Ritual ini juga akan menurunkan peradangan dan hormon stres, serta menyeimbangkan gula darah. Ritual relaksasi lainnya dapat mencakup menonton beberapa komedi, melakukan seni, bernyanyi, atau bahkan belajar alat musik. 

Jangan terlalu banyak konsumsi berita

Meskipun penting untuk mendapatkan informasi saat ini, Anda juga perlu mengingat bahwa berita akan meningkatkan respons stres. Jadi, istirahatlah. Lebih baik lagi, fokuslah pada berita baik dan hal-hal baik yang sedang terjadi. Selain itu, perhatikan tanda-tanda positif yang muncul pada dunia Anda dan sekitarnya. Dengan seperti itu, Anda mengetahui bahwa situasi ini akan berlalu.

Terhubung dengan orang lain

Ingatlah bahwa jarak sosial bukan berarti isolasi sosial. Koneksi bisa terus dibangun dalam berbagai bentuk sperti berbicara dengan teman, orang yang dicintai, atau terapis Anda melalui internet secara teratur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif