Berikut ini adalah media sehari-hari yang bisa menularkan covid-19. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini adalah media sehari-hari yang bisa menularkan covid-19. (Foto: Pexels.com)

Tiga Media yang Bisa Jadi Penularan Covid-19

Rona Virus Korona virus corona covid-19 media penularan covid-19
Kumara Anggita • 30 Maret 2020 11:57
Jakarta: Orang tua berisiko tinggi terkena virus korona atau covid-19, apa lagi meningat beberapa dari mereka juga biasanya sudah memiliki penyakit bawaan yang bisa semakin meningkatkan faktor risiko. Oleh karena itu, para orang tua diminta untuk lebih berhati-hati.
 
Tak hanya mengisolasi mandiri di rumah, namun ada pula beberapa hal yang perlu diingat. Menurut Ketua Aliansi Telemedia Indonesia, Prof. dr. Pumawan, M.ph., P.Hd dalam video BNPB Indonesia “Mengatasi Kebosanan dan Mengelola Stres Disaat Physical Distancing dan Isolasi Mandiri” Anda harus melakukan beberapa hal seperti di bawah ini.

1. Paket antar online

Ekstra hati-hati. “Barang-barang yang kita terima secara online. Itu tidak tahu prosesnya, bagaimana yang nganter. Harus kita lakukan sebagai benda terinfeksi,” ungkapnya. Lakukan pembersihan pada barang tersebut dan buang bungkus luar dari paket. Cuci tangan Anda setelahnya.

2. Uang tunai

Kebanyakan orang tua masih menggunakan uang tunai. Benda yang satu ini tentunya dipegang oleh banyak orang yang tidak bisa dipastikan membawa virus korona atau tidak.
 
“Itu juga menular dari orang ke orang. Kalau saya, saya pegang pakai plastik. Saya letakan di tempat khusus di rumah,” paparnya. Lagi, jangan bosan cuci tangan setelah memegang uang tunai.

3. Cucu

Walaupun cucu itu memang lucu dan sulit rasanya untuk tidak bersentuhan. Para orang tua harus menahan diri dulu untuk tidak terlalu dekat. Ini karena mereka bisa jadi pembawa virus korona juga. Bisa saja gejalanya tak terlihat. Ikuti anjuran pemerintan untuk tetap lakukan social atau physical distancing. Anda perlu sabar, karena ini pasti akan berlalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kakek (dan nenek) itu rentan. Cucu itu tahan tapi dia menjadi carrier. Untuk sementara hati-hati berhubungan dengan cucu,” paparnya.
 
Jangan lupa pula untuk melakukan tindakan pencegahan lainnya seperti mencuci tangan setidaknya 20 detik, hindari menyentuh area mata, hidung, dan mulut. Dan lakukan berbagai aktivitas untuk menghindari stres atau rasa bosan Anda.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif