NEWSTICKER
Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan dan hindari untuk membantu peran sebagai orang tua tunggal. (Foto: Pexels.com)
Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan dan hindari untuk membantu peran sebagai orang tua tunggal. (Foto: Pexels.com)

Tips Membesarkan Buah Hati bagi Orang Tua Tunggal

Rona tips keluarga tips orang tua tunggal
Anda Nurlaila • 26 Februari 2020 15:02
Jakarta: Membesarkan dan mengasuh anak setelah kehilangan pasangan bisa sangat sulit. Selain harus melalui kesedihan, secara bersamaan Anda harus membimbing dan menjaga anak-anak seorang diri.   
 
Namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan dan hindari untuk membantu peran sebagai orang tua tunggal, seperti dimuat dari Verywell Family.

1. Kelilingi anak dengan orang dewasa yang mencintai mereka

Sebagai orang tua, Anda adalah orang dewasa yang paling penting dalam kehidupan anak Anda saat ini. Tetapi ada orang lain yang bersedia membantu Anda mendukung dan mendorong anak-anak Anda melalui masa sulit ini.
 
Pengalaman mereka yang bervariasi dengan orang yang Anda cintai akan membantu anak-anak Anda melihat gambaran yang lebih luas tentang orang tua mereka yang tidak ada di samping mereka.

2. Buat rutinitas

Keteraturan dapat menjadi sumber kenyamanan bagi anak-anak. Lakukan apa yang Anda bisa untuk menstabilkan rutinitas Anda, termasuk rutinitas tidur malam anak-anak Anda, sehingga mereka memiliki gagasan tentang apa yang diharapkan dari satu momen ke momen berikutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Konsistensi sederhana seperti menyajikan makanan pada waktu yang sama setiap hari juga dapat membantu menciptakan suasana yang stabil bahkan ketika emosi Anda tetap bergejolak.

3. Lakukan secara bertahap

Anda mungkin ingin segera beraktivitas normal dengan kembali bekerja dan sekolah sesegera mungkin. Pada tingkat tertentu, ini sangat membantu. Namun, Anda juga ingin memberi diri sendiri dan anak kebebasan keluar dari kewajiban dan kegiatan sosial saat membutuhkan ruang.

4. Berikan pilihan pada anak

Banyak hal yang terjadi di luar kendali anak-anak Anda. Pastikan Anda mengizinkan mereka untuk membuat pilihan mereka sendiri jika memungkinkan. Termasuk keputusan mengenai pakaian yang mereka kenakan dan apa yang dilakukan di waktu luang mereka.
 
Tips Membesarkan Buah Hati bagi Orang Tua Tunggal
(Keteraturan dapat menjadi sumber kenyamanan bagi anak-anak. Lakukan apa yang Anda bisa untuk menstabilkan rutinitas Anda. Misalnya mengajaknya berjalan-jalan setiap weekend. Foto: Pexels.com)

5. Beritahu kebutuhan

Banyak orang tua tunggal kewalahan dengan cinta dan dukungan yang umumnya muncul dalam bentuk makanan. Beritahu teman dan keluarga Anda jika ada hal lain yang Anda butuhkan. Misal, Anda bisa mengatakan menghargai bantuan teman, namun Anda membutuhkan ada seseorang yang mengantar anak untuk latihan setiap minggunya. Tidak salah memberitahu tentang kebutuhan spesifik Anda.

6. Komunikasikan keterbatasan

Anda mungkin merasa mencapai titik ingin memiliki ruang sendiri dari semua orang. Hal ini wajar, dan tidak masalah memberi tahu perasaan Anda pada teman dan keluarga.
 
Biarkan keluarga dan teman tahu bahwa Anda menghargai kedatangan dan telepon mereka. Tapi Anda membutuhkan waktu beberapa hari sendiri.

7. Mencari dukungan tambahan

Pertimbangkan untuk berbicara dengan seorang penasihat atau menghadiri kelompok dukungan orang tua tunggal di rumah sakit setempat atau komunitas sekitar. Berbicara dan mengekspresikan diri pada orang asing kadang-kadang melegakan karena kejujuran Anda tidak akan membuat mereka khawatir.

8. Berikan diri Anda 'kebebasan berbuat salah'

Tidak ada orang yang sempurna. Kita semua membuat kesalahan. Bebaskan diri Anda sejak awal dan akui bahwa Anda tidak selalu melakukan hal-hal yang benar. Tapi berusaha menjadi lebih baik dalam menangani semua hal adalah tanggung jawab Anda.

9. Menunda keputusan besar

Anda mungkin berpikir menjual rumah, pindah lebih dekat ke anggota keluarga, atau melanjutkan sekolah. Sementara hal-hal tersebut mungkin keputusan terbaik, hindari memutuskan hal-hal besar dalam enam hingga 12 bulan pertama.
 
Beri diri Anda waktu untuk menyesuaikan diri dengan rasa kehilangan pasangan. Pastikan bahwa perubahan yang Anda bayangkan memang mencerminkan keputusan yang ingin Anda buat.

10. Jangan tunda kesedihan

Banyak orang tua tunggal terperangkap karena menghindari perasaan mereka sendiri. Berusaha menyingkirkan kesedihan adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan saat ini.
 
Ada beberapa pola menerima peristiwa seperti tahap penolakan, kemarahan, tawar-menawar, depresi, dan akhirnya menerima. Mencoba mengendalikan prosesnya hanya akan memperlambat pemulihan Anda dan anak-anak. Ini juga dapat membuat anak merasa apa yang mereka alami bukanlah hal biasa atau tidak dapat diatasi.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif