Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Perbedaan Dampak Psikologis antara Perceraian dengan Putus Hubungan

Rona hubungan pasangan
Kumara Anggita • 06 Januari 2020 10:17
Jakarta: Putus hubungan begitu menyakitkan, namun tentunya tidak sama dengan perceraian. Perceraian dianggap jauh lebih berat karena melibatkan banyak hal.
 
Dilansir Bustle, secara psikologis hal ini terjadi karena berbagai faktor antara lain stres dan biaya. Ini menjadi alasan mengapa metode penyembuhan saat putus hubungan tidak bisa berlaku saat bercerai.
 
Seorang psikolog klinis, Dr. Josh Klapow Ph.D juga menjelaskan bahwa kehancuran bisa didasari dari seberapa dalam hubungan. Jadi bahkan bila ada orang yang menjalani hubungan pacaran namun sudah tinggal bersama dan membagikan nilai-nilai pernikahan, efeknya bisa sama buruknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perbedaan besar adalah sejauh mana hubungan kasual itu terlihat dan meniru pernikahan,” ujarnya.
 
"Pasangan yang telah bersama untuk jangka waktu yang lama, bahkan jika tidak menikah, sering mengalami kesedihan, kemarahan, stres, dan kesedihan yang sama seperti yang kita lihat dalam perceraian," kata Klapow.
 
Bahkan mereka yang ada dalam hubungan ini, masuk pula dalam fenomena yang dikenal sebagai 'kehilangan diri' di mana orang merasa tidak berhubungan dengan kepribadian mereka. Namun efek ini tidak bertahan selamanya.
 
Yang paling membedakan putus hubugan dan bercerai menurut Klapow adalah dalam masalah logistik.
 
"Perceraian dapat memiliki dampak yang lebih signifikan dan menghancurkan karena implikasi hukum mengubah pernikahan menjadi proses yang jauh lebih menantang secara logistik," katanya
 
Perceraian tidak secara otomatis terasa berbeda dari perpisahan dari hubungan berpacaran meski serius, dari perspektif psikologis. Namun, bercerai tentu saja bisa lebih lama dan melelahkan. Ini sangat tergantung pada situasi keuangan Anda, perceraian memakan banyak biaya yang jauh lebih mahal dan alhasil membuat Anda semakin stres.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif