Setelah bulan-bulan awal yang banyak dihabiskan untuk tidur, bayi umumnya mulai belajar duduk di usia empat bulan. (Ilustrasi/Pexels)
Setelah bulan-bulan awal yang banyak dihabiskan untuk tidur, bayi umumnya mulai belajar duduk di usia empat bulan. (Ilustrasi/Pexels)

Tonggak Pertumbuhan Bayi: Duduk Hingga Berjalan

Rona bayi
Anda Nurlaila • 16 Januari 2020 16:05
Jakarta: Setelah bulan-bulan awal yang banyak dihabiskan untuk tidur, bayi umumnya mulai belajar duduk di usia empat bulan. Tonggak pertumbuhan bayi lain seperti merangkak, berdiri hingga langkah pertama adalah momen-momen yang paling ditunggu-tunggu semua ibu.
 
Selama proses perkembangan tersebut, Bunda dapat memberi kepercayaan diri dan bantuan lewat permainan sederhana dan pujian. Beberapa di antaranya seperti dimuat dalam Parents:
 
Tahap 1: duduk

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketika bayi dapat duduk tanpa bantuan atau menyandar pada apa pun, ia berada pada fase pertama mendapatkan mobilitasnya. Duduk membantu menguatkan otot-otot si kecil yang dibutuhkan saat dia akhirnya belajar berdiri.
 
Umur: 4-7 bulan
 
Yang dapat dilakukan: Selama waktu bermain, putar bola bolak-balik atau mainkan permainan susun untuk membantunya menguatkan otot-otot kecilnya.
 
Tahap 2: Merangkak
 
Yang paling penting bagi bayi pada tahap ini adalah berlatih menggerakkan lengan dan kakinya pada saat yang sama. Dia akan membutuhkan keterampilan ini ketika tiba saatnya untuk berjalan.
 
Umur: 7-10 bulan
 
Yang dapat Anda lakukan: Bantu dia mengembangkan area-area ini dengan membuatnya merangkak dari satu sisi ruangan ke sisi yang lain. Kemudian pujilah dia atas gerakannya.
 
Tahap 3: menarik diri untuk berdiri
 
Ketika bayi sudah semakin kuat dan lebih ingin tahu, dia akan mulai menarik dirinya dengan dukungan furnitur, atau ibu dan ayah. Ini adalah saat Anda dapat mulai bekerja dengan keseimbangan dan membiasakannya dengan posisi berdiri.
 
Umur: 8 bulan
 
Yang dapat Anda lakukan: Bantu bayi menarik dirinya ke atas, lalu tunjukkan padanya bagaimana menekuk lutut untuk kembali ke lantai. Ini akan membantu mengurangi kejatuhannya ketika dia mulai mengambil langkah sendiri.
 
Tahap 4 berjalan dengan bantuan
 
Ketika ia mulai menarik dirinya dan memiliki keseimbangan dengan memegang tangan Anda, bantu anak melangkah. Ini akan membantunya dengan fase selanjutnya dan membantunya melakukan langkah pertama.
 
Umur: 8-9 bulan
 
Apa yang dapat Anda lakukan: Berlatih, berlatih, berlatih. Ini adalah kunci pada bayi yang berada di tahap ini. Semakin dia terbiasa berdiri,  semakin besar kemungkinan dia akan merasa nyaman untuk melakuka langkah pertamanya.
 
Tahap 5: jelajah
 
Bayi mulai menggunakan dinding dan furnitur untuk berkeliling. Ini disebut sebagai jelajah. Karena si kecil semakin Baby menjadi lebih mudah bergerak, pastikan rumah Anda benar-benar aman dan tidak berbahaya bagi bayi. Amankan semua perabotan ke dinding.
 
Umur: 8-9 bulan
 
Apa yang dapat Anda lakukan: Dorong bayi untuk lebih menjadi lebih percaya diri saat menjelajah dan mencoba melepaskan dinding atau furnitur. Pastikan dia memiliki tempat pendaratan lunak.
 
Tahap 6: berdiri tanpa bantuan
 
Keseimbangan adalah bagian penting dari tahapan ini. Jika  bayi dapat berdiri seimbang selama beberapa detik ia seperti mendapat kepercayaan diri untuk mencoba melangkah.
 
Umur: 9-12 bulan
 
Apa yang dapat Anda lakukan: Ubah keseimbangan menjadi permainan. Duduk dengan bayi di lantai dan bantu dia berdiri. Kemudian hitung berapa lama dia bisa berdiri sebelum jatuh. Berikan pujian padanya setelah setiap upaya.
 
Tahap 7: langkah pertama
 
Langkah pertama adalah momen monumental untuk si kecil Anda - jadi buatlah hal besar dari itu. adalah tentang kepercayaan diri sehingga segala sesuatu yang mengarah ke langkah-langkah pertama itu membutuhkan banyak pujian dan dorongan.
 
Umur: 9-12 bulan
 
Apa yang dapat Anda lakukan: Bersorak Baby langkah pertama dengan duduk di lantai dan membimbingnya, perlahan, saat Baby mendapatkan keseimbangannya membiarkannya berjalan sendiri.
 
Tahap 8: berjalan
 
Mungkin perlu beberapa langkah dan serangkaian langkah sebelum ia bergerak. Terus pujilah bayi saat dia mulai menjelajah. Perlu diingat bahwa beberapa bayi akan lebih suka merangkak, dan mungkin merangkak sebelum ia berdiri secara teratur.
 
Umur: 12-15 bulan
 
Apa yang dapat Anda lakukan: Dorong bayi berjalan sebanyak mungkin. Misalnya, saat Anda meletakkan bayi, letakkan dia dalam posisi berjalan daripada posisi duduk.
 
Keamanan Alat Bantu Jalan Bayi
 
American Academy of Pediatrics (AAP) sangat tidak mendukung penggunaan alat bantu jalan. Alat bantu ini tidak hanya memperlambat perkembangan bayi  tetapi juga sangat berbahaya. Ribuan balita berakhir di rumah sakit setiap tahun karena alat bantu populer ini.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif