Jenis mainan yang baik untuk bayi adalah mainan yang dapat membuat bayi melibatkan panca indra mereka dan meningkatkan keterampilan motorik mereka.(Ilustrasi/Pexels)
Jenis mainan yang baik untuk bayi adalah mainan yang dapat membuat bayi melibatkan panca indra mereka dan meningkatkan keterampilan motorik mereka.(Ilustrasi/Pexels)

Mengapa Bayi Suka Melihat Dirinya Sendiri di Cermin?

Rona bayi
Raka Lestari • 06 Februari 2020 18:08
Jakarta: Jenis mainan yang baik untuk bayi adalah mainan yang dapat membuat bayi melibatkan panca indra mereka dan meningkatkan keterampilan motorik mereka. Itulah mengapa beberapa mainan bayi memiliki cermin.
 
Selain itu, cermin pada mainan bayi juga membuat bayi menjadi lebih senang melihat dirinya sendiri dan tentunya ada alasan di balik hal tersebut.
 
“Ini karena cermin bisa membuat bayi melihat sesuatu yang tampilannya berubah-ubah,” jelas dokter anak Jay Lovenheim M.D. kepada romper.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bayi akan menyadari bahwa gambar yang mereka lihat dapat memberikan respon terhadap gerakan mereka. "Sangat menyenangkan melihat bayi menyadari bahwa mereka melihat diri sendiri di cermin. Stimulasi ini juga merupakan cara yang tepat untuk mengalihkan perhatian bayi dari barang elektronik,” tambah Dr Lovenheim.
 
Jessica Rolph, pakar perkembangan anak juga menambahkan bahwa selain melihat dirinya sendiri, bayi juga senang melihat orang tampilan orang lain di cermin. “Bayi suka melihat wajah manusia, entah itu wajah mereka sendiri atau orang lain,” katanya.
 
Mereka terutama menyukai wajah orang-orang yang paling mereka sayangi seperti orang tua, saudara kandung, pengasuh, dan tentunya diri mereka sendiri,” tambah Rolph.
 
Selain menggemaskan, bayi juga senang mengagumi wajah mereka pada cermin, mempelajari ekspresi mereka, dan gerakan yang dilakukan.
 
Selain untuk cara belajar, melihat dirinya sendiri pada cermin merupakan kebiasaan yang memang sering mereka lakukan. “Cermin adalah alat pembelajaran yang luar biasa untuk perkembangan dan kognisi bayi yang sedang tumbuh, membuat mereka mempelajari gerakan mata, dan kesempatan untuk mendengar bahasa dan kosa kata ketika Anda menceritakan sesuatu pada mereka,” kata Rolph.
 
Selain itu, mainan cermin dan cermin pada umumnya juga membantu meningkatkan kemampuan bayi Anda untuk fokus, menumbuhkan rasa ingin tahu mereka, meningkatkan perkembangan kognitif mereka, dan memperkuat tubuh mereka, menurut Verywell Family.
 
“Dan karena penglihatan mereka sudah mulai berfungsi dengan baik pada usia empat bulan, ini merupakan usia yang tepat untuk memasang cermin mainan yang tidak membahayakan,” tutup Dr Lovenheim.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif