NEWSTICKER
Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Strategi Membuat Pasangan Merasa Istimewa

Rona hubungan pasangan
Anda Nurlaila • 20 Februari 2020 19:07
Jakarta: Pasangan yang merasa istimewa dan dicintai membutuhkan sedikit pengetahuan dan usaha. Beberapa sikap sederhana namun jika sering dilakukan dapat membantu mengekspresikan dan memperkuat cinta satu sama lain.
 
Dilansir Verywell Mind, ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas hubungan intim Anda dengan menunjukkan penghargaan dan perasaan pada pasangan. Dijamin, pasangan akan semakin cinta.

Belajar bicara menggunakan bahasa cinta pasangan

Dalam bukunya The Five Love Languages, Gary Chapman menuliskan bagaimana berbicara pada pasangan untuk memenuhi kebutuhan dalam hubungan.
 
"Setiap orang menerima pesan cinta dengan cara yang berbeda yang disebut sebagai 'bahasa cinta'," katanya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut lima bahasa cinta yang diidentifikasi Chapman:
Kata-kata penegasan
Waktu berkualitas
Sentuhan fisik
Pemberian hadiah
Sikap memberi pelayanan
 
Mungkin Anda dan pasangan memiliki bahasa cinta yang berbeda. Bahasa cinta utama Anda bisa jadi adalah kata-kata afirmasi, sementara pasangan Anda adalah waktu yang berkualitas.
 
"Pujian dari mereka mungkin membuat Anda berbunga-bunga. Tapi bahasa cinta itu mungkin tidak cocok untuk mereka," ujar Chapman.
 
Sebaliknya, ada pasangan yang merasa paling dicintai ketika melakukan suatu kegiatan bersama. Untuk itu luangkan waktu menemukan bahasa cinta mana yang cocok untuk pasangan Anda dan kemudian berusaha untuk "berbicara" bahasa cinta mereka.

Belajar mengatur diri

Bahasa cinta dapat membantu mengomunikasikan pemahaman dan penghargaan. Sebuah studi pada 2017 dalam Personal Relationships menyebutkan kepuasan hubungan kurang ditentukan oleh bahasa cinta yang selaras, dan lebih ditentukan oleh kemampuan kedua pasangan untuk mengatur diri sendiri.
 
Bertanggung jawab mengelola suasana hati sendiri dan tidak mengharapkan pasangan menjadikan segalanya lebih baik adalah hadiah terbesar yang dapat Anda berikan pada mereka. Terutama ketika berada dalam konflik satu sama lain, fokus pada pertumbuhan Anda sendiri dan kontribusi Anda adalah cara terbaik untuk meningkatkan hubungan.

Berbagi tugas dan tanggung jawab

Menurut ulasan 2018 dalam jurnal ilmiah Emotion, orang lebih bahagia ketika mereka menganggap pasangannya melakukan sesuatu untuk diri mereka. Perbuatan kecil yang dilakukan pasangan untuk Anda adalah caranya menunjukkan betapa berharganya Anda bagi pasangan. Tanyakan kepada pasangan apa yang bisa dilakukan untuknya pasti akan membuatnya makin jatuh cinta.

Dukung tujuan mereka

Sementara fokus pada pertumbuhan pribadi penting dalam kualitas hubungan, pasangan tetap ingin berinvestasi dalam hubungan dan tujuan mereka. Sebuah studi 2014 dalam Journal of Social and Personal Relationships menemukan orang-orang yang menerima pesan aktif dukungan dari pasangan mereka untuk pengembangan diri melaporkan kepuasan hubungan yang lebih tinggi.

Kirimkan pesan manis

Menurut penelitian, pesan teks spontan kepada pasangan membantu menghadirkan diri pada kehidupan pasangan. Percakapan dapat dilakukan kapan saja dalam batas yang sehat bahkan saat berjauhan menimbulkan kedekatan dan membangun kebersamaan.
 
Saat sedang terpisah, kirimkan pesan untuk memberitahu pasangan bahwa Anda memikirkan mereka. Sebuah pesan sederhana yang sedikit genit atau membagikan sesuatu yang dapat mengingatkan mereka pada Anda atau sekadar menanyakan hari mereka.
 
Kunci untuk membuat pasangan merasa istimewa dan dicintai adalah, keinginan tulus pada mereka dan kebutuhan, dan keinginan mereka.
 
Secara rutin, ekspresikan cinta Anda untuk pasangan dengan tindakan sederhana. Hal ini berbeda-beda bagi setiap orang. Seiring dengan waktu dan pengalaman, pasangan akan saling menemukan hal-hal yang paling penting satu sama lain.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif