Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Pengaruh Film terhadap Perilaku Remaja

Rona psikologi remaja
Raka Lestari • 11 Maret 2020 13:15
Jakarta: Baru-baru ini terjadi kasus pembunuhan yang dilakukan oleh remaja berusia 15 tahun terhadap anak berusia 6 tahun. Beberapa informasi menyebutkan bahwa pelaku yang berinisial NF tersebut mengalami gangguan kejiwaan hingga memicu perilakunya tersebut.
 
Remaja berinisial NF mengaku melakukan perbuatan keji tersebut lantaran terinspirasi film. NF, 15, membunuh anak tetangganya yang berusia enam tahun, berinisial AP di Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis, 5 Maret 2020.
 
"Pengakuan dari seorang NF dia melakukan dengan kesadaran dan dia terinspirasi film," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 6 Maret 2020.
 
Heru mengatakan, NF terobsesi membunuh seseorang akibat film yang ditontonnya. NF membunuh teman mainnya dengan cara ditenggelamkan ke bak mandi hingga lemas. Menurut Heru, pola itu persis adegan film yang ditonton NF.
 
Namun apakah memang film yang ditonton bisa memengaruhi perilaku seorang anak? Jane Cindy Linardi, M.Psi, Psikolog di RS Pondok Indah - Bintaro Jaya, memberikan penjelasannya mengenai hal tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Menurut saya, hal itu perlu digali lebih lanjut oleh pemeriksaan psikologi. Apakah memang murni hanya karena pengaruh film atau ada faktor-faktor lain yang bisa mencetus perilaku membunuh tersebut,” ujar Jane.
 
Ia menekankan bahwa yang paling utama untuk digali adalah masalah empati pada anak tersebut. Menurut Jane, salah satu ciri anak yang kurang memiliki empati terhadap lingkungan sekitar adalah biasanya dia tidak merasa bersalah saat melakukan sesuatu yang merugikan atau menyakiti orang lain.
 
(FIR)


social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif