Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

4 Langkah Mengamankan Hewan Peliharaan dari Banjir

Rona tips saat banjir
Kumara Anggita • 26 Februari 2020 07:09
Jakarta: Saat musim penghujan, banyak warga yang cemas karena tak tahun kapan banjir akan datang. Kecemasan itu semakin bertambah, ketika mereka memiliki hewan peliharan, yang tentunya membutuhkan penanganan khusus saat banjir melanda.
 
Direktur Operasional Garda Satwa Indonesia, Anisa menyebutkan beberapa hal penting yang perlu dilakukan pada peliharaannya saat banjir tiba. Berikut penjelasannya:

-Lihat ketinggian air

Saat hujan mulai turun, Anda perlu melihat seberapa deras dan durasi dari hujan. Bila Anda sudah melihat adanya potensi banjir, langsung selamatkan peliharaan Anda ke tempat yang aman. Seperti ke rumah saudara, teman, kenalan yang Anda percaya.
 
“Langkah mengamankan peliharaan anjing atau kucing di kala banjir. Kita tak bisa prediksi seberapa cepat banjir datang dan meninggi. Jadi baiknya ketika air sudah muncul di depan pagar sudah bisa mengungsikan hewan peliharaannya,” ujar Anisa saat dihubungi Medcom.id.

-Bawa peliharaan ke lantai dua

Bila rumah Anda bertingkat, dan banjirnya tidak bisa mencapai lantai dua atau seterusnya maka membawa peliharaan ke sana bisa menjadi pilihan yang bagus. Anda bisa menyiapkan kandang agar mereka tidak bisa mengakses ke bawah.

-Bawa peliharaan ke tempat paling tinggi

Bila banjir sudah terlanjur menguasai rumah Anda dan tidak ada akses untuk keluar, maka Anda bisa membawa hewan peliharaaan Anda ke tempat paling tinggi. Seperti di genteng untuk sementara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini adalah pilihan paling terakhir karena berbahaya. Pastikan Anda menemani peliharaan Anda karena mereka bisa merasa begitu tidak nyaman.
 
“Jangan ada yang dirantai atau dikandangi tertutup. Sediakan tempat berteduh tapi jangan membuat mereka tidak ada akses untuk melarikan diri,” tambahnya.

-Berikan vitamin

Banjir adalah situasi yang tidak hanya bikin stres manusia namun juga hewan peliharaan Anda. Saat ini terjadi, peliharaan bisa jadi enggan makan yang bikin mereka sakit. Untuk itu, Anda bisa memberikan vitamin yang bisa bantu menguatkan daya tahan tubuh.
 
“Selagi masih ada banjirnya pasti susah menghilangkan stres dan biasanya peliharaan tidak nafsu makan. Kalau memungkinkan kasih makanan yang baunya enak, dan kasih vitamin untuk mencegah sakit,” jelasnya.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif