Anak mulai menunjukkan reaksi terhadap lingkungannya. Setiap hari menjadi petualangan baru baginya. (Ilustrasi/Pexels)
Anak mulai menunjukkan reaksi terhadap lingkungannya. Setiap hari menjadi petualangan baru baginya. (Ilustrasi/Pexels)

Tonggak Pertumbuhan Balita 12-17 Bulan

Rona bayi
Anda Nurlaila • 18 Januari 2020 06:03
Jakarta: Di usia balita perkembangan balita begitu cepat. Anak mulai menunjukkan reaksi terhadap lingkungannya. Setiap hari menjadi petualangan baru baginya.
 
Si kecil yang berusia 12 hingga 17 bulan memiliki beberapa tonggak pertumbuhan paling menarik. Parents menguraikan momen-momen balita dapat memandu orang tua.
 
Punya benda kesayangan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Balita Anda akan memiliki keterikatan yang kuat pada benda-benda seperti boneka binatang atau selimut. Barang kesayangan ini membuatnya merrasa aman dan nyaman.
 
Mulai menunjukkan dominasi tangan kanan/kiri
 
Letakkan sendok di kursi makannya dan perhatikan anak. Apakah ia mengambilnya dengan tangan sama terus menerus? Seorang anak berusia 1 tahun mungkin mulai lebih menyukai satu tangan dari yang lain.
 
Suka permainan
 
Bahkan permainan petak umpet yang paling sederhana mungkin membuat si kecil menjerit kegirangan. Bermain bersama sehat untuk anak dan Anda!
Tonggak Pertumbuhan Balita 12-17 Bulan
(Ilustrasi/Pexels)
 
Mengangkat tangan saat berpakaian
 
Anak lebih terkoordinasi sehingga berpakaian menjadi lebih mudah. Minta dia untuk menahan lengannya saat Anda mengenakan bajunya. Voila!
 
Mengucap dua kata yang sempurna
 
Si kecil Anda kemungkinan telah mampu mengucap beberapa kata dengan sempurna. Seperti bola, selamat tinggal bahkan Mama dan Dada. Terus amati balita Anda, perbendaharaan katanya terus tumbuh.
 
Menyukai bayangannya
 
Dia akan selalu suka memandangi pantulan wajahnya di cermin. Mainan cermin yang aman bagus untuk anak usia ini.
 
Membungkuk untuk mengambil benda
 
Saat menjatuhkan mainannya, perhatikan apakah dia akan mengambil sendiri. Balita Anda mungkin sekarang bisa membungkuk dan mengambil benda tanpa jatuh.
 
Mengikuti instruksi sederhana
 
Otak anak kecil sedang bersiap untuk permainan kata. Mainkan game sederhana dan lihat apakah anak dapat mengikuti instruksi dasar.
 
Makan dengan jari-jarinya
 
Jemari tangan kecil dan koordinasi yang kurang berkembang  membuat anak sulit memegang peralatan makan. Namun anak usia ini berusaha keras untuk mandiri dan ingin menyuapi diri sendiri. Makan menggunakan tangan adalah perkembangan alami dan sehat untuk bayi.
 
Rentang perhatian yang lebih pendek
 
Balita aktif Anda mungkin sering terganggu saat Anda membacakan cerita. Rentang perhatiannya memang lebih pendek.
 
Menunjuk suatu objek
 
Balita Anda yang menunjukkan jari gemuk mereka pada benda atau arah tertentu adalah cara komunikasi terbaru mereka. Minta anak menunjukkan mana telinga atau hidungnya dan dia mungkin menunjukkannya juga.
 
Berdiri dari posisi duduk
 
Sebagian besar balita mulai dapat berdiri tegak dari posisi duduk. Tempatkan dia di tengah ruangan. Apakah anak dapat berdiri sendiri dari posisi duduk sendirian?
 
Meraih benda kecil
 
Pada saat ini si kecil Anda mungkin telah menyempurnakan genggaman untuk menjepit. Keterampilan ini sering terlihat saat makan. Anak akan menempatkan makanan di antara ibu jari dan telunjuknya.
 
Senang mencoret-coret
 
Garis-garis tak beraturan jauh dari sekadar bekas coretan krayon. Menulis dan mencoret adalah keterampilan super untuk anak.
 
Mengunyah makanan berukuran lebih besar
 
Sekarang bukan waktu yang tepat untuk menanyakan apakah anak menyukai makanannya. Anda mungkin memperhatikan bahwa si kecil dapat mengunyah makanan yang lebih besar selama makan.
 
Mematuhi perintah
 
Bagian dari tumbuh dewasa adalah mengetahui cara mematuhi instruksi dari orang tua, guru, dan lain lain. Bantu anak Anda berlatih dengan beberapa arahan menyenangkan saat dia mempelajari keterampilan berharga ini.
 
Suka membantu ibu
 
Terkadang anak menjadi pembantu terbaik! Anak Anda mungkin berada pada tahap di mana ia menikmati menyortir kaus kaki, meletakkan keranjang, atau membereskan mainan yang berantakan bersama Anda.
Tonggak Pertumbuhan Balita 12-17 Bulan
(Ilustrasi/Pexels)
 
Mulai berlari
 
Saatnya mengejar si bayi yang mulai bisa berlari. Anda akan perlu bergerak lebih cepat untuk mengejar si kecil sekarang, karena ia mulai lebih jarang berjalan dan lebih sering berlari.
 
Ingin tahu apa yang dia makan
 
Anak mulai memilih beberapa makanan dihidangkan di jam makan.
 
Suka memanjat
 
Apakah anak Anda mulai memanjat rak dan tempat-tempat tinggi? Anda saat ini mengawasi seorang pendaki alami.
 
Menikmati bermain dengan teman
 
Anak aktif dan semakin menggerakkan otot-ototnya. Ajak seorang teman bermain bersamanya dan anak senang bermain bersama teman barunya.
 
Mengerti artinya pura-pura
 
Hari-hari ini anak menikmati permainan berpura-pura. Ajak anak bermain telepon. Dia mungkin juga ingin selalu dekat dengan orang tua pada satu menit dan ingin main sendiri di menit berikutnya.
 
Mewarnai dengan baik
 
Jari-jarinya mulai dapat menggenggam benda-benda yang lebih besar sekarang. Beri anak Anda selembar kertas besar, dan awasi dia saat ia menciptakan karya seninya sendiri dan mengembangkan motorik halusnya.
 
Memilih mainan
 
Balita semakin mengenali banyak bentuk, ukuran, dan warna sekarang. Ini adalah waktu yang tepat baginya untuk bermain dengan penyortiran. Memisahkan mainan dapat mempertajam dan mengembangkan  keterampilan motorik halus juga.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif