NEWSTICKER
Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Cara Mengatasi Diri usai Kandas dari Hubungan yang Lama

Rona hubungan pasangan
Kumara Anggita • 06 Januari 2020 15:13
Jakarta: Ketika Anda bercerita bahwa Anda sudah menjalin hubungan dalam waktu yang lama, namun Anda menyatakan ingin mengakhiri hubungan tersebut, tentu akan menghadirkan respons syok bagi siapa saja yang tahu hubungan Anda. Rasa kasihan dari mereka pun mendatangi Anda.
 
Mereka beranggapan, Anda pasti akan merasakan sakit yang mendalam. Berpisah setelah membina rumah tangga yang cukup lama.
 
Ternyata, anggapan itu tak sepenuhnya benar, jika menilik lansiran Bustle. Menurutnya, lama sebuah hubungan bukan menjadi alasan patah hati tumbuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebuah studi terbitan Journal of Social & Personal Relationships pada 2017 mengamati orang-orang yang bercerai. Studi itu menemukan bahwa lamanya waktu mereka menikah tidak benar-benar memengaruhi cara mereka mengatasi akibatnya.
 
Semakin lama sejak pernikahan itu hancur dan semakin cepat mereka menemukan pasangan baru, semakin baik mereka mengatasinya. Tak peduli pernikahan itu telah berlangsung tujuh tahun atau 25 tahun.
 
Kuncinya adalah dari bagaimana Anda mengatasinya. Orang dengan kepribadian tertentu dan memiliki keamanan finansial cenderung akan pulih lebih cepat.
 
Peneliti Carol Dweck telah menemukan bahwa orang-orang dengan 'mindset berkembang' yang berfokus pada belajar dari kemunduran, lebih cepat pulih dari perpisahan daripada mereka yang memiliki 'mindset tetap' dan tidak percaya mereka dapat berubah dengan mudah.
 
Orang dengan mindset berkembang menurut penelitiannya, cenderung tidak mengambil kejadian ini secara personal atau membiarkannya memengaruhi perasaan Anda.
 
Karena itu, walaupun seseorang sudah bersama selama belasan tahun atau puluhan tahun namun akhirnya berpisah, jangan langsung judge dulu mereka hidupnya akan memburuk. Semua berkunci dari pola pikir dan bagaimana seseorang menghadapi masalah kehidupan.
 
Belajarlah menjadi sosok dengan mindset yang berkembang sehingga apa pun masalah yang Anda alami, Anda bisa melaluinya dengan baik. Hal buruk justru menjadi bahan Anda untuk menjadi sosok yang berkembang ke arah yang lebih baik.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif