Bisa selalu hidup dengannya bukanlah mudah, untuk itu Anda perlu menguji hubungan Anda dengannya (Foto Ilustrasi: Leah Kelley/Unsplash.com)
Bisa selalu hidup dengannya bukanlah mudah, untuk itu Anda perlu menguji hubungan Anda dengannya (Foto Ilustrasi: Leah Kelley/Unsplash.com)

Seberapa Langgeng Hubungan Anda dengannya?

Rona hubungan pasangan
Kumara Anggita • 24 Maret 2019 16:07
Kadar cinta terkadang tak stabil. Untuk itu perlu bertanya pada diri Anda atau pasangan Anda guna mengetahui berapa lama hubungan itu akan berjalan.
 
Jakarta: Bersama pasangan dalam waktu yang lama adalah keinginan setiap orang yang sedang jatuh cinta. Tapi dalam kehidupan, kadang kala keinginan untuk bersamanya menurun.
 
Alih-alih untuk mempertahankan, menjalaninya saja cenderung membosankan. Alhasil, banyak pasangan yang kerap mengakhiri hubungan mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apakah pasangan dan Anda sendiri seperti itu? Toh ada baiknya untuk menguji hubungan Anda dengannya pada saat masa-masa dimabuk cinta sudah hilang. Berikut beberapa pertanyaan untuk mengukur apakah hubungan Anda bertahan lama, seperti dilansir Psychology Today:

-Seberapa sama Anda dengan dia?

Pada awal hubungan, perbedaan bukan menjadi permasalahan karena daya toleransi masih tinggi. Namun bagaimana ketika dikaitkan dengan hubungan jangka panjang?
 
Dalam kasus ini, Anda seharusnya bersama dengan orang yang memiliki banyak kesamaan dengan Anda. Sebab Anda akan banyak melibatkan dia dalam kehidupan ke depannya. Kesamaan di sini bisa seperti nilai, tujuan, preferensi dalam menghabiskan waktu luang, gaya hidup, pemikiran yang terbuka dan lain-lain.

-Sudahkan Anda bertemu dengan orang terdekatnya?

Hubungan jangka panjang tidak hanya melibatkan dua orang semata, namun juga relasi dari kedua belah pihak. Seperti keluarga atau teman-teman dekatnya.
 
Penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak teman atau keluarga pacar yang Anda temui dan mereka menyutujuinya, maka semakin kecil kemungkinan hubungan tersebut akan berakhir.

-Apakah pacar Anda masih tertarik dengan orang lain?

Ketika sudah di dalam hubungan yang eksklusif, Anda ingin menjadi sosok satu-satunya yang dia inginkan. Namun bagaimana kalau Anda mengetahui bahwa dia sesungguhnya masih mendekati atau menyukai orang lain?
 
Anda perlu melakukan percakapan khusus dengannya tentang ini. Menurut penelitian, orang yang berkomitmen perhatiannya akan terhambat pada orang lain. Bila Anda atau pasangan masih lirik sana-sini, artinya hubungan tersebut begitu beresiko untuk ke depan.

-Bagaimana Anda dan dia menanggapi “komitmen”?

Coba refleksikan hal ini. Apakah Anda takut terikat dengan dia dalam berbagai hal. Begitu juga sebaliknya?
 
Bila dalam hubungan Anda atau dia menghindari hal-hal yang bersifat intim seperti perilaku kasih sayang atau beretemu keluarga, artinya tidak ada komitmen yang ingin dibuat di sini. Seseorang yang tak mengingikan komitmen akan melakukan berbagai cara untuk membuat hubungan tersebut menjadi jauh kembali.
 
Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jujur, Anda bisa menguji hubungan Anda dengannya akan bertahan atau tidak. Dengan seperti itu, Anda jadi bisa mengetahui ke arah mana hubungan Anda dan dia bisa dibawa. Selamat mencoba!
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif