Ketika musik sudah ada, Anda bisa mengajak anak untuk ikutan bergerak. Hal ini bagus untuk mengenalkan mereka pada ritme. (Foto: Pexels)
Ketika musik sudah ada, Anda bisa mengajak anak untuk ikutan bergerak. Hal ini bagus untuk mengenalkan mereka pada ritme. (Foto: Pexels)

Jadikan Lagu untuk Sarana Bonding dengan Balita

Rona tumbuh kembang anak
Kumara Anggita • 23 Juni 2020 19:05
Jakarta: Lagu adalah salah satu bentuk seni yang penting untuk dibagikan ke anak-amal. Hal ini karena manfaat yang diberikan beragam, salah satunya adalah bisa dijadikan sarana bonding atau ikatan dengan balita.
 
Nathania Karina, DMA, M.Mus, seorang pianist serta founder dari Andante Music School menjelaskan bahwa, bonding itu bisa terbangun bila orang tua mendengarkan atau memainkan musik itu bersama anaknya secara khusus.
 
“Dan yang paling penting, apalagi kalau sudah balita, gunakan sesi mendengarkan lagu ini juga sebagai sarana bonding dengan orang tua. Sebab tak bisa banget ini anak-anak khususnya, ‘nih kamu dengerin ya’ lalu ditinggal,” jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


”Take time, dengarkan bersama, ajak anak-anak untuk aktif bereaksi terhadap apa yang mereka dengarkan,” ujar Nathania dalam Roompi Orami Parenting dengan tema The Gift of Music for Young Children.
 
Ketika musik sudah ada, Anda bisa mengajak anak untuk ikutan bergerak. Hal ini bagus untuk mengenalkan mereka pada ritme.
 
“Misalnya bisa menggoyang-goyangkan badan atau menepuk-nepuk tangan sesuai irama. Ini akan sangat sangat berefek sekali untuk anak-anak ini di kemudian hari, karena mereka juga akan terlatih untuk punya ‘sense of rhythm’ yang baik,” jelasnya.
 
“Saya andaikan seperti ini, kalau Anda nonton kids dancing misal di mal, coba pelan-pelan perhatikan, kenapa ada anak-anak yang kalau joget tuh enak banget dilihat, pas gitu kayanya. Ini lah yang kita sebut sense of rhythm. Kalau memang sudah dibiasakan dari kecil, ini akan terbangun terus,” jelasnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif