Pemerhati pendidikan dan anak, Seto Mulyadi atau Kak Seto. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
Pemerhati pendidikan dan anak, Seto Mulyadi atau Kak Seto. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

Tips Isolasi Diri dengan Gembira ala Kak Seto

Rona Virus Korona virus corona covid-19 isolasi virus korona
Sunnaholomi Halakrispen • 04 April 2020 13:39
Jakarta: Masyarakat diimbau untuk tetap menjalankan isolasi diri atau di rumah saja, demi menekan angka penyebaran covid-19 (new coronavirus). Pemerhati pendidikan dan anak, Dr. Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si. alias Kak Seto pun mengajak masyarakat untuk bisa gembira.
 
Bukan sekedar gembira terkait perasaan yang bahagia. Akan tetapi, Gembira yang merupakan singkatan dengan masing-masing huruf memiliki arti.
 
Kak Seto memberikan tips agar masyarakat bisa tetap menjaga energi positif, menghilangkan rasa suntuk, bosan, dan tetap produktif selama isolasi mandiri di rumah. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"G, gerak jangan mager senam pagi, mencuci baju, dan lain-lain. E, emosi cerdas, tidak berkata kasar, ungkapkan perasaan tapi tidak merusak hubungan," ujar Kak Seto di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Sabtu, 4 April 2020.
 
Kemudian, M berarti makan makanan yang sehat dan bergizi cukup. B berarti beribadah dan berdoa, yang bisa dilakukan dengan di rumah saja atau tanpa langsung mengunjungi tempat ibadah di luar rumah seperti biasanya.
 
Tetaplah berdoa meskipun hanya berada di rumah. Sebab, kekuatan doa bisa membuat tenang dan tetap percaya diri. 
 
"I berarti istirahat agar dapat memperbaiki kondisi tubuh. R artinya rukun, ramah. Lupakan hal lama dan bersinergi dalam keluarga, saling menyayangi," jelasnya.
 
Sedangkan A, artinya aktif berkarya. Bisa dengan melukis, menggambar, memasak dan lain-lainnya. Lakukanlah suatu suasana yang memancing kreatifitas.
 
"Ternyata dalam keadaan sendiri bisa menemukan kekuataan yang luar biasa. Para ayah dan bunda harus bisa menjadi sahabat anak. Jangan sampai saat mereka belajar di keluarga anak sampai stres karena orang tua tidak sabar," paparnya.
 
Selain itu, Kak Seto juga mengajak masyarakat untuk tidak lupa menjaga etiket batuk dan bersin, yakni dengan menggunakan kain atau siku lengan baju. Kemudian, juga mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif