Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun kemampuan berkomunikasi terhadap satu sama lain dalam sebuah hubungan. (Foto Ilustrasi: Pexels)
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun kemampuan berkomunikasi terhadap satu sama lain dalam sebuah hubungan. (Foto Ilustrasi: Pexels)

Empat Cara Membangun Komunikasi yang Baik dengan Pasangan

Rona hubungan pasangan
Raka Lestari • 24 Maret 2019 18:27
Agar hubungan tetap langgeng, butuh percikan-percikan romantis. Seperti memberikan perhatian, maupun menjadi pendengar yang baik buat pasangan Anda.
 

Jakarta: Memiliki sebuah hubungan dengan seseorang tidak hanya sekadar makan malam romantis atau saling mengirim teks lucu. Menjalani sebuah hubungan membutuhkan sebuah kerja keras.
 
Anda dan pasangan harus menemukan cara untuk bekerja bersama, tumbuh bersama, dan jujur satu sama lain. Itu tidak selalu mudah, tetapi berlatih komunikasi yang terbuka dan jujur pasti dapat membuat perbedaan besar dalam hubungan Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun kemampuan berkomunikasi terhadap satu sama lain dalam sebuah hubungan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika memiliki komunikasi yang tidak baik dengan pasangan karena hal itu bisa dibangun.
 
Dikutip dari Elite Daily, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangun cara komunikasi yang baik dengan pasangan:

-Fokus terhadap hal-hal positif

Apapun masalah komunikasi yang Anda dan pasangan miliki, penting untuk meluangkan waktu agar permasalahan tersebut bisa selesai.
 
"Untuk membangun keterampilan komunikasi dengan pasangan Anda, Anda perlu mencurahkan waktu untuk hubungan dan membuat kebiasaan khusus," kata Julie Spira, seorang relationship expert.
 
Ia juga menambahkan bahwa Anda dan pasangan harus melakukan cara yang positif dalam berkomunikasi satu sama lain. Dengan begitu, Anda berdua akan merasa lebih nyaman membicarakan permasalahan yang lebih rumit.

-Menjadi pendengar yang baik

Sama seperti Anda membutuhkan pasangan yang baik mendengarkan, Anda juga perlu mendengarkan mereka.
 
"Semua orang ingin didengar dan dipahami, jadi penting juga untuk menjadi pendengar yang baik daripada memonopoli setiap percakapan dengan pasangan," kata Spira.
 
Dengan menghargai dan mendengarkan apa yang dikatakan pasangan, itu dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi Anda dan pasangan.

-Melakukan sesuatu yang romantis

Selain berfokus pada hal-hal penting yang perlu dilakukan Anda dan pasangan dalam mengembangkan cara berkomunikasi satu sama lain, cobalah untuk melakukan hal-hal kecil kepada pasangan.
 
"Jika Anda mengirim pesan selamat pagi dan pesan selamat malam ke pasangan Anda, Anda akan menciptakan aliran yang konsisten dalam hubungan yang membangun komunikasi yang sehat," kata Spira.

-Sampaikan masalah Anda dengan baik-baik

Ketika Anda melihat ada hal yang tidak Anda sukai dari pasangan, tanyakan pada mereka apakah Anda dapat membicarakannya.
 
"Menjadwalkan waktu untuk melakukan percakapan penting bukan berarti Anda akan menyerang mereka. Itu menunjukkan Anda peduli dan melihat ada sesuatu yang salah," terangnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif