Para lansia lebih cenderung hidup sendiri, memiliki imobilitas fisik, atau memiliki kebutuhan khusus, yang membuat mereka membutuhkan pertolongan ketika terjadinya banjir. (Ilustrasi/Pexels)
Para lansia lebih cenderung hidup sendiri, memiliki imobilitas fisik, atau memiliki kebutuhan khusus, yang membuat mereka membutuhkan pertolongan ketika terjadinya banjir. (Ilustrasi/Pexels)

Tips Bantu Lansia saat Banjir

Rona tips saat banjir
Sunnaholomi Halakrispen • 03 Januari 2020 07:05
Jakarta: Sejumlah titik di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) terendam air. Pada kondisi ini, lansia membutuhkan bantuan dari pihak lain, karena lansia memiliki sejumlah keterbatasan diri.
 
Para lansia lebih cenderung hidup sendiri, memiliki imobilitas fisik, atau memiliki kebutuhan khusus, yang membuat mereka membutuhkan pertolongan ketika terjadinya banjir. Oleh karena itu, membuat rencana darurat sebelumnya akan membuat orang yang Anda cintai tahu persis apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana.
 
Terlebih, ketika Anda memiliki orang tua kategori lansia dan tidak berada di dekatnya, serta ketika Anda menemui keberadaan lansia saat banjir. Berikut beberapa tips tentang cara mempersiapkan diri membantu lansia menghadapi banjir, seperti dilansir ready.gov.
 
1. Rencana komunikasi keluarga

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sering kali selama banjir, listrik mungkin padam atau saluran telepon terganggu. Maka demikian, bisa sulit untuk menghubungi keluarga untuk memberi tahu mereka bahwa keberadaan orang lanjut usia baik-baik saja atau jika mereka membutuhkan bantuan.
 
Beritahu lansia yang memiliki handphone agar baterai ponselnya terisi penuh dan nyalakan jika diperlukan. Persiapkan juga cadangan baterai jika ponselnya mati. Jika memungkinkan, unduh aplikasi cuaca di dalan ponsel untuk melacak kondisi cuaca atau perkiraan lokasi badai.
 
Jika smartphone atau ponsel canggih tidak bisa dioperasikan orang lansia yang Anda cintai, berikan handphone yang lebih sederhana yang bisa mudah digunakan mereka. Simpanlah aplikasi radio agar informasi berita lokal mudah mereka dengar.
 
Kemudian, simpan semua informasi kontak keluarga di dalam telepon seluler mereka. Selain kontak keluarga yang berada di sekitar tempat tinggalnya, simpan juga kontak keluarga yang berada di luar kota yang suatu waktu bisa dihubungi.
Tips Bantu Lansia saat Banjir
Para lansia lebih cenderung hidup sendiri, memiliki imobilitas fisik, atau memiliki kebutuhan khusus, yang membuat mereka membutuhkan pertolongan ketika terjadinya banjir (Ilustrasi/Pexels)
 
2. Memiliki rencana medis
 
Jika terjadi banjir, para orang lansia mungkin tidak memiliki akses ke fasilitas medis atau farmasi. Apabila memiliki kondisi serius yang memerlukan kunjungan dokter setiap hari seperti kemoterapi atau dialisis, konsultasikan dengan dokter tentang rencana cadangan darurat untuk mereka.
 
Ingatkan selalu orang lansia untuk selalu membawa daftar riwayat medis yang terbaru, obat-obatan beserta keterangan dosisnya, juga informasi tertulis dari dokter spesialis yang merawatnya. Dokumen tersebut sebaiknya dilaminasi atau dikemas dengan kantong plastik supaya tidak basah saat banjir, kemudian masukkan ke dalam tempat yang bisa mudah dibawa.
 
Misalnya, masukkan dalam tas yang bisa dimudah dibawanya dalam kondisi darurat seperti bencana banjir. Dokumen lain yang juga perlu dikemas, yaitu kartu asuransi, riwayat kesehatan, surat kepemilikan rumah, asuransi mobil, surat kuasa, informasi kontak keluarga, dan dokumen penting lainnya. 
 
Di dalam tas itu, masukkan juga makanan ringan, makanan berat, dan air minum yang setidaknya bisa bertahan dikonsumsi selama 72 jam. 
 
3. Rencana evakuasi
 
Apabila kota atau lingkungan tempat Anda bersama orang lansia meminta evakuasi maka segera ikuti, ajak orang lansia untuk dievakuasi. Jika lingkungan Anda tidak terlihat petugas evakuasi, segera hubungi pemerintah setempat untuk menentukan zona evakuasi Anda. 
 
Jangan membiarkan para lansia berdiam diri dalam rumah yang terendam banjir. Ajak mereka dan temukan tempat penampungan resmi terdekat, yang difasilitasi BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) atau tim SAR.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif