NEWSTICKER
Membahagiakan anak itu sederhana, salah satunya dengan cara melakukan aktivitas rumah seperti di atas. Anak pun merasa bahagia. (Foto: Ilustrasi Pexels)
Membahagiakan anak itu sederhana, salah satunya dengan cara melakukan aktivitas rumah seperti di atas. Anak pun merasa bahagia. (Foto: Ilustrasi Pexels)

Kebahagiaan, Kunci Anak Berperilaku Baik dan Berprestasi

Rona tumbuh kembang anak
Kumara Anggita • 19 Maret 2020 17:01
Jakarta: Banyak faktor yang mendukung perkembangan anak. Salah satu faktor yang paling penting namun sering diabaikan adalah kebahagiaan.
 
Psikolog anak Ayoe P. Sutomo, M.Psi, Psikolog, CGA dari Tiga Generasi, percaya bahwa anak yang merasa bahagia dalam proses tumbuh kembangnya akan mempunyai rasa percaya diri, lebih mandiri, mudah bersosialisasi, dan bekerja sama dengan lebih baik.
 
"Rasa bahagia juga membuat anak lebih termotivasi belajar sehingga lebih berprestasi, mempermudah orang tua untuk menanamkan nilai-nilai keluarga yang positif, berpikir lebih optimis dan positif, serta lebih mudah berempati dan membantu orang lain,” ujarnya dalam acara Lactogrow Dukung Orang Tua untuk Prioritaskan Kebahagiaan Anak di Hari Kebahagiaan Internasional di Jakarta, Kamis, 19 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sayangnya, hasil survei yang dilakukan oleh Tiga Generasi menyatakan bahwa orang tua di Indonesia belum menjadikan kebahagiaan sebagai prioritas dalam pola asuh. Survei yang dilakukan ke lebih dari 1.400 responden orang tua yang tersebar di beberapa kota Indonesia tersebut menunjukkan bahwa, 93% responden belum memprioritaskan kebahagiaan untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.
 
Dia menyebutkan pula bahwa untuk membangun kebahagiaan ini, peran orang tua sangatlah besar. Survei menunjukkan bahwa 66 persen kebahagiaan anak datang dari orang tua.
 
Untuk itu, Anda sebagai orang tua bisa memulainya dengan menerapkan beberapa hal. Antara lain membangun relasi dengan anak, melatih pengendalian emosi, membuat rutinitas dan aturan untuk disepakati bersama, dan mengajarkan anak untuk bersyukur dan berbuat baik.
 
Kebahagiaan, Kunci Anak Berperilaku Baik dan Berprestasi
Diskusi Merayakan Hari Kebahagiaan Internasional yang jatuh setiap 20 Maret, Nestlé LACTOGROW. (Foto: Dok Ist)
 
Dalam acara diskusi, Sandra Dewi salah satu celebrity mom juga berbagi pandangannya. Ia mengaku pentingnya peranan kebahagiaan dalam tumbuh kembang sang anak.
 
“Saya percaya bahwa anak yang bahagia dapat tumbuh dan berkembang lebih optimal. Walaupun saya sering disibukkan dengan aktivitas pekerjaan, saya selalu berusaha untuk memberikan asupan yang bergizi untuk anak. Di samping itu, saya dan suami selalu menyisihkan waktu berkualitas bersama anak dan berusaha melakukan kegiatan bersama-sama," ujarnya.
 
Karena itu, hal ini tentunya harus dilakukan sedini mungkin. Menurut Ayoe, anak yang bahagia nantinya saat dewasa juga bisa terbiasa untuk bahagia.
 
Jadi tunggu apalagi, buatlah diri Anda dan anak Anda menjadi bahagia. Anda akan melihat sendiri hasilnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif