Salah satu gejala umum dari hubungan yang buruk adalah perasaan lelah yang terjadi secara terus-menerus. (Foto Ilustrasi: Vera Arsic/Pexels)
Salah satu gejala umum dari hubungan yang buruk adalah perasaan lelah yang terjadi secara terus-menerus. (Foto Ilustrasi: Vera Arsic/Pexels)

Tanda-tanda Bahwa Anda Merasa tak Bahagia dalam Hubungan

Rona hubungan pasangan
Raka Lestari • 24 Maret 2019 13:11
Menjalani suatu hubungan terkadang membosankan dan membuat Anda tak merasakan lagi kebahagiaan. Beberapa tanda-tanda pun muncul, termasuk dari naluri. Tapi kerap kali kita selalu mengabaikannya.
 
 
Jakarta: Tubuh Anda dapat memberitahu mengenai lingkungan Anda dan apa yang Anda rasakan. Kondisi tersebut biasanya terjadi dengan secara tidak sadar.
 
Salah satunya adalah ketika Anda berada dalam suatu hubungan yang bersifat merusak atau disebut toxic relationship. Tidak hanya secara mental, dampak negatif dari toxic relationship juga bisa terlihat dari ciri-ciri fisik yang bisa terlihat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketika Anda menemukan ciri-ciri fisik tersebut, sebaiknya Anda segera melakukan tindakan lebih lanjut agar hal tersebut tidak berdampak secara lebih lanjut. Ciri-ciri fisik di bawah ini merupakan yang seharusnya perlu disadari dalam hubungan bahwa Anda bisa saja berada dalam toxic relationship:

1. Merasa tidak bertenaga

Menurut terapis, Shannon Thomas, salah satu gejala umum dari hubungan yang buruk adalah perasaan lelah yang terjadi secara terus-menerus. Suatu saat Anda bisa merasa sangat bahagia namun pada saat-saat lainnya Anda merasa sangat terpuruk, bentakan atau sikap buruk pasangan dapat berdampak pada tubuh Anda.

2. Masalah autoimun

Seiring dengan berjalannya waktu, toxic relationship juga bisa dapat menyebabkan masalah autoimun seperti peradangan, sakit tubuh, dan kulit yang bermasalah.
 
"Sekitar 95 persen klien yang datang kepada saya dan mereka tidak memiliki masalah kesehatan namun mengalami keluhan-keluhan tersebut," ujar Thomas.

Baca juga: Wajarkah Menangis di Tempat Kerja?


3. Masalah pencernaan dan perubahan hormonal

Orang-orang yang berada dalam toxic relationship sering memiliki masalah dengan makanan tertentu. Padahal sebelumnya mereka tidak memiliki masalah terhadap makanan apapun. Thomas mengatakan ini karena semua stres dan kortisol serta adrenalin ditahan di dalam tubuh. Meskipun hubungannya telah berakhir, butuh waktu bagi tubuh untuk bisa kembali seperti semula.

4. Masalah pada otot

Beberapa masalah pada otot jika Anda sedang dalam toxic relationship. Seperti otot yang tegang adalah indikator yang jelas bahwa seseorang membuat kita tidak nyaman, namun terkadang seseorang menganggap ini karena masalah pada saraf.
 
"Mungkin ada sesuatu yang dirasakan oleh alam bawah sadar Anda yang tidak dapat dirasakan secara kognitif mengenai seseorang yang dirasakan oleh tubuh Anda," ujar Thomas.

5. Anda memiliki firasat tertentu

Penting untuk kita untuk mempercayai apa yang dirasakan oleh naluri. Anda memiliki firasat atau naluri bahwa sesuatu tersebut tidaklah benar, namun banyak orang yang mengabaikannya dan terus menghabiskan waktu dengan orang itu. Sebelum memulai hubungan dengan orang yang salah, banyak orang yang sebenarnya memiliki firasat buruk, namun tetap mengabaikannya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif