NEWSTICKER
Apa hasil survei aspirasi ibu Indonesia 2019? Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)
Apa hasil survei aspirasi ibu Indonesia 2019? Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)

Apa yang Diharapkan Para Ibu dari Suami Terkait Pekerjaan Domestik?

Rona keluarga
Kumara Anggita • 12 Februari 2020 18:16
Jakarta: Pekerjaan domestik adalah tanggung jawab yang bukan harus dipikul oleh ibu-ibu saja. Bila semua dikerjakan sendiri, hasilnya bisa bikin ibu jadi frustasi dan dampaknya suasana keluarga jadi tidak enak.
 
Untuk menghindari hal ini terjadi, para bapak-bapak bisa turut mengambil peran dalam pekerjaan domestik. Menurut Anda apa yang diharapkan para ibu Indonesia pada suaminya terkait pekerjaan domestik?
 
Berdasarkan hasil survei aspirasi ibu Indonesia 2019 di mana data terkumpul dari 12.000 ibu yang tersebar di seluruh Indonesia, selama bulan November hingga Desember 2019, pertolongan yang paling berharga bisa diterima oleh para ibu adalah mengurus anak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebanyak 80 persen ibu Indonesia mengharapkan suaminya membantu mengerjakan tanggung jawab ini.
 
Selain itu, 61 persen responden juga berharap suaminya bisa membantu membersihkan rumah, dilanjutkan dengan menyetrika dan mencuci pakaian sebanyak 32 persen, mencuci piring sebanyak 23 persen, memasak sebanyak 16 persen, dan jawaban lain sebanyak 11 persen.
 
Terlalu banyak beban kerja domestik bisa membuat ibu-ibu lelah dan juga putus asa. Namun sesungguhnya, ada cara untuk mengatasi kebuntuan ini. Termasuk bagaima para ibu mengomunikasikan harapannya pada suami tentang pembagian kerja.
 
Para ibu bisa mencari support system yang kuat. Ini bisa didapatkan dari komunitas. Di era modern ini, komunitas itu bisa ditemukan dengan menggunakan internet. Salah satu komunitas online yang bisa diacu adalah orami. Sebuah platform yang bisa digunakan untuk berdiskusi, bertemu para ahli, membaca artikel, dan lain sebagainya.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif