Peran suami sangat penting untuk menjaga istrinya tetap mengonsumsi makanan bernutrisi saat menyusui. (Foto: David Webb/Unsplash.com)
Peran suami sangat penting untuk menjaga istrinya tetap mengonsumsi makanan bernutrisi saat menyusui. (Foto: David Webb/Unsplash.com)

Suami, Penuhi Asupan Nutrisi Ibu Menyusui dengan Cara Ini

Rona keluarga air susu ibu
Torie Natalova • 21 Februari 2019 06:00
Jakarta: Setelah melahirkan, asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu sama pentingnya seperti saat hamil.
 
Pilihan makanan yang sehat dapat membantu mengoptimalkan komposisi nutrisi baik untuk ibu maupun bayinya, terutama untuk memenuhui kebutuhan air susu ibu (ASI).
 
Selama menyusui, tubuh ibu secara tidak sadar akan mengutamakan bayinya. Ini berarti bahwa jika ibu tidak cukup nutrisi saat menyusui, bayi akan menggunakan apapun yang dia butuhkan dan ibu akan kekurangan nutrisi penting.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sini, peran suami sangat penting untuk menjaga istrinya tetap mengonsumsi makanan bernutrisi saat menyusui.
 
Asupan kalori yang meningkat adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan suplai ASI yang sehat untuk si kecil ketika menyusui secara eksklusif.
 
Makanan yang mengandung zat besi, vitamin B12, kolin, vitamin B6, vitamin A, vitamin D, folat, kalsium, seng, yodium, sangat baik dikonsumsi ibu menyusui. 
 
Selain itu, meningkatkan asupan cairan juga penting karena saat menyusui ibu akan kehilangan cairan yang dikeluarkan melalui ASI. Setidaknya, minum segelas air setiap kali ia duduk dan menyiapkan botol air minum untuk dikonsumsi sepanjang hari.
 
Suami, Penuhi Asupan Nutrisi Ibu Menyusui dengan Cara Ini
(Foto: Jordan Witt/Unsplash.com)
 
(Baca juga: Tips Menyusui dengan Breast Pumping)
 
Adapun beberapa cara untuk membantu pasangan Anda mendapatkan nutrisi yang tepat untuk kesehatannya sendiri dan bayi Anda.
 
1. Makan dan minum secara teratur sepanjang hari
Siapkan banyak makanan dan camilan yang mudah dikonsumsi. Siapkan potongan buah utuh atau sayuran dalam bentuk salad, roti atau biskuit dengan mentega kacang yang kaya omega-3, irisan keju atau telur rebus.
 
2. Kemas dalam protein
Siapkan makanan berprotein tinggi seperti ikan, daging tanpa lemak dan unggas, telur, susu rendah lemak, kacang-kacangan, tempe, tahu dan biji-bijian.
 
3. Pilihkan sumber lemak yang sehat
Lemak yang sehat dapat ditemukan dalam ikan, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak zaitun. Pilih ikan seperti salmon atau sarden. Hindari lemak trans seperti yang terdapat dalam makanan olahan atau makanan cepat saji.
 
4. Vitamin setelah melahirkan
Pertimbangkan untuk menambah nutrisi dengan suplemen setelah melahirkan atau menyusui. Ini untuk membantu ibu menyusui memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya terutama untuk vitamin, mineral dan nutrisi lainnya.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif