Tips Menyusui dengan <i>Breast</i> <i>Pumping</i>
Berikut ini adalah kiat agar Anda bisa berhasil e-pumping. (Foto: Jens Johnsson/Unsplash.com)
Jakarta: Belakangan ini semakin banyak ibu yang memberikan ASI kepada si kecil exclusive pumping (e-pumping). E-pumping itu sendiri adalah memerah atau memompa ASI secara ekslusif dan tidak menyusui langsung (biasa dikenal dengan sebutan breast pumping atau metode ASIP/ASI Perah).

Biasanya, cara ini dipilih karena Anda tidak dapat memberikan ASI melalui payudara karena dengan alasan pekerjaan dan kesehatan.

Apabila Anda telah mencoba beragam cara namun tetap tidak dapat menyusui secara langsung, maka e-pumping bisa menjadi pilihan.


(Baca juga: Ada Benjolan Usai Masa Menyusui, Apakah itu Kanker?)


(Biasanya breast pumping dipilih karena Anda tidak dapat memberikan ASI melalui payudara karena dengan alasan pekerjaan dan kesehatan. Foto: Reinier Ridao/Unsplash.com)

Berikut ini adalah kiat agar Anda bisa berhasil e-pumping, dilansir dari BabyCenter:

1. Memilih pompa
Langkah pertama adalah memilih peralatan pumping yang cocok. Ada dua cara memerah ASI yaitu dengan tangan dan pompa (breast pump).

Sebelum Anda membeli breastpump, ada sebaiknya melakukan tes kecocokan bisa dengan menyewa breastpump terlebih dahulu. Pastikan juga pompa dan botol steril sebelum Anda menggunakannya.

2. Pemakaian bra
Memakai bra menyusui handsfree yang akan sangat membantu Anda melakukan aktivitas lain sembari memompa.

3. Jadwal teratur
Adapun jadwal dalam memompa ASI bagi Anda menurut konsultan laktasi menyarankan pumping dilakukan 2 hingga 3 jam atau 8 sampai 12 jam setiap hari. Namun, hal tersebut bergantung pada produksi ASI Anda.

4. Nutrisi
Hal ini akan membantu untuk mengukur kalori yang Anda gunakan selama memompa. Jadi, apabila Anda menghasilkan 20 oz ASI berarti membutuhkan 400 kalori untuk memompa. Nah, asupan dengan nutrisi yang baik tentunya akan membantu Anda dalam memompa ASI.


Maria Fransiska





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id