Perbedaan HRD dan personalia (Foto: Pexels)
Perbedaan HRD dan personalia (Foto: Pexels)

Jangan Keliru Ya! Ini Beda HRD dan Personalia

Muhammad Syahrul Ramadhan • 18 November 2021 19:50
Jakarta: HRD dan personalia merupakan dua hal yang erat kaitannya dengan dunia kerja. Namun, ternyata masih ada yang belum mengetahui perbedaan HRD dan personalia.

Loh, emang beda ya? Iya, meski saling berkaitan, HRD dan personalia itu berbeda baik dari sisi tanggung jawab maupun fungsinya.
 
Berikut penjelasan terkait perbedaan  HRD dan personalia yang dirangkum Medcom.id dari berbagai sumber.

Perbedaan HRD dan personalia

1. HRD (Human Resource Department)

HRD merupakan singkatan dari Human Resource Department, semetara dalam Bahasa Indonesia lebih dikenal dengan departemen sumber daya manusia (SDM). Dikutip dari laman Talenta, pekerjaan HRD adalah mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan karyawan yang ada di perusahaan.
 
Adapun pekerjaan dan tugas mereka sehari hari HRD sebagai berikut:
  • Proses rekrutmen
  • Pengembangan
  • Evaluasi
  • Konsultasi
  • Administrasi
  • PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).
Ilustrasi rekrutmen oleh HRD Foto Pexels
(Ilustrasi rekrutmen oleh HRD Foto: Pexels)

Singkatnya, HRD terlibat dalam proses menangani berbagai masalah di dalam ruang lingkup karyawan, pegawai, manajer, dan karyawan dari level lain.

Tugas HRD

  • Seperti dijelaskan dalam tugas sehari-hari HRD adalah melakukan proses rekrutmen. Proses ini meliputi faktor internal dan eksternal, rekrutmen tenaga kerja, dan seleksi tenaga kerja.
  • HRD juga bertugas dalam pengembangan dan evaluasi karyawan. Tujuannya, agar setiap karyawan selalu maksimal dan memberikan yang terbaik untuk perusahaan.
  • HRD juga mempunyai tuga untuk memberikan kompensasi dan proteksi pada pegawai. Kompensasi yang dimaksud adalah upah yang diberikan atas kontribusi kerja pegawai yang diberikan secara teratur dari organisasi atau perusahaan.
 

2. Personalia

Personalia sendiri merupakan serangkaian kegiatan mengelola SDM untuk berbagai urusan yang terkait dengan administratif. Tidak hanya itu, personalia juga mengatur hubungan industrial antara perusahaan dan karyawannya.
 
Personalia memiliki fungsi seperti bertanggung jawab terhadap employee database, payroll, dan pembayaran benefit lainnya.
 
Baca: Biar Dilirik Rekruter, Berikut Cara Mengirim Lamaran Kerja via Email Secara Profesional

Tugas dan tanggung jawab personalia

  • Melakukan sosialisasi dan koordinasi
  • Menyusun absensi dan daftar hadir karyawan
  • Menyiapkan perjanjian kerja dengan karyawan baru.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa perbedaan HRD dan personalia terletak pada lingkup kerja. Di mana personalia lebih condong berada di area administrasi yang mendukung terlaksananya fungsi HRD.
 
Itu tadi perbedaan HRD dan personalia, jangan keliru ya!
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(RUL)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan