Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Erick Thohir Diam-Diam Dicopot Jokowi sebagai Menteri BUMN? Cek Dulu Faktanya

Medcom Files BUMN hoax Cek Fakta Erick Thohir kabar hoaks
Wanda Indana • 25 Maret 2022 15:45
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dikabarkan di copot dari jabatannya. Kabar ini beredar melalui sebuah video yang diunggah di YouTube.
 
KanalPOLITIK INDONESIAmembagikan video berdurasi 8 menit 1 detik itu pada 8 Maret 2022. Pada thumbnail video terdapat gambar Erick disertai narasi sebagai berikut:
 
"BIKIN SEMUA TERKEJUT !!
ERIK TOH!R DICOPOT
DIAM DIAM PRESIDEN JOKOWI TEMUKAN NIAT TERSELUBUNG"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Adapun judul video tersebut sebagai berikut:

"BERITA VIRAL ~ inilah alasan kenapa presiden copot er!k toh!r ?? ~ BERITA TERBARU"


Benarkah? Berikut cek faktanya.
[Cek Fakta] Erick Thohir Diam-Diam Dicopot Jokowi sebagai Menteri BUMN? Cek Dulu Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar bahwaErick Thohir dicopot dari jabatan menteri BUMN secara diam-diam oleh Presiden Joko Widodo adalah salah. Faktanya, judul dengan isi video tidak sesuai.
 
Setelah disimak, di dalam video yang beredar tidak ada informasi yang menyebutkanErick Thohir dicopot. Video tersebut berasal dari potongan-potongan video yang tidak ada kaitannya dengan judul video.
 
Adapaun narasi dalam video berasal dari situstelusur.co.id pada artikel berjudul “2 Tahun Kinerja Kabinet, Korpus BEM Nusantara: Erick Thohir Layak Direshuffle”. Artikel itu juga tidak ada hubungannya dengan isu pencopotan Erick Thohir.
 
Artikel tersebut hanya berisi opini Koordinator Pusat (Korpus) Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara, Eko Pratama yang menilai Erick Thohir stidak serius menjadikan BUMN sebagai jangkar perekonomian Indonesia. Dia juga menyoroti internal BUMN yang masih terjadi rangkap jabatan.
 
Hingga saat ini,Erick Thohir masih menjabat sebagai Menteri BUMN. Melalui akun Twitter resminya, Erick Thohir berfoto di Pusat perbelanjaan Sarinah yang baru kembali di buka pada 21 Maret 2021 setelah dilakukan renovasi besar-besaran.
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar bahwaErick Thohir dicopot dari jabatan menteri BUMN secara diam-diam oleh Presiden Jokowi adalah salah. Faktanya, judul dengan isi video tidak sesuai.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

[Cek Fakta] Erick Thohir Diam-Diam Dicopot Jokowi sebagai Menteri BUMN? Cek Dulu Faktanya
 

Referensi:
-https://telusur.co.id/detail/2-tahun-kinerja-kabinet-korpus-bem-nusantara-erick-thohir-layak-direshuffle
-https://mobile.twitter.com/erickthohir/status/1507204192766935041
-https://turnbackhoax.id/2022/03/24/salah-erik-tohr-dicopot/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif