Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Video Joe Biden Kejatuhan Kotoran Burung saat Berpidato? Ini Faktanya

Medcom Files joe biden hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 04 Mei 2022 17:36
Beredar video yang diklaim memperlihatkan Presiden Amerika Serikat Joe Biden kejatuhan kotoran burung saat berpidato. Video ini beredar di media sosial.
 
?Akun Twitter Nick Adams (@NickAdamsinUSA) membagikan video tersebut pada 13 April 2022. Pada video terlihat noda putih pada kemeja Biden. Pada unggahan video yang sudah ditonton lebih dari 1 juta kali itu, akun itu menyertakan narasi sebagai berikut:
 

"WATCH: Bird poops on Joe Biden during speech.
Even the birds know he’s a crappy president!"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Terjemahan: "TONTON: Kotoran burung mengotori Joe Biden selama pidato.
Bahkan burung pun tahu dia presiden yang jelek!"

 

Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Joe Biden Kejatuhan Kotoran Burung saat Berpidato? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar menunjukkan Presiden AS Joe Biden kejatuhan kotoran burung saat berpidato adalah salah. Faktanya, bukan kotoran jagung yang menjatuhi pakaian Biden, melainkan serpihan jagung.
 
White House Communications Director Kate Bedingfieldmelalui akun Twitter pribadinya (@WHCommsDir) pada 13 April 2022 menjelaskan bahwa serpihan yang menjatuhi jas Biden adalah serpihan jagung.
 
Pula, dikutip dari Cekfakta.com, foto yang diambil oleh Mandel Ngan pada Getty Images juga menunjukkan bahwa gundukan jagung olahan terlihat sebagai latar belakang saat Biden berpidato di POET Bioprocessing, Menlo, Iowa pada 12 April 2022. Sebagai tambahan, mengutip dari situs resmi White House, jagung menjadi tokoh sentral dalam pidato Biden, yang berfokus pada penurunan biaya energi untuk mengurangi ketergantungan Amerika pada minyak asing sebagai dampak dari konflik Rusia dan Ukraina.
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar menunjukkanPresiden AS Joe Biden kejatuhan kotoran burung saat berpidato adalah salah. Faktanya, bukan kotoran jagung yang menjatuhi pakaian Biden, melainkan serpihan jagung.
 
Informasi ini jenis hoaksfalse context(konteks keliru).False contextadalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Joe Biden Kejatuhan Kotoran Burung saat Berpidato? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://twitter.com/RNCResearch/status/1513979276240072716
https://cekfakta.com/focus/9730
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.
 
Link survei:https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta

 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif