Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Foto Jokowi Terjebak di Gorong-Gorong Saat Mencari Biawak? Cek Dulu Faktanya

Medcom Files Jokowi hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 20 Januari 2022 06:30
Beredarfoto hasil tangkapan layar yang diklaim memperlihatkan Presiden Joko Widodo terjebak di saluran air. Disebutkan, foto itu berasal dari video siaran berita CNN Indonesia.
 
Akun bernamaMuhamad Ilhammembagikan foto itu ke grup “PLANGA PLONGO” ,Selasa 18 Januari 2022. Pada unggahan video terdapat judul headline “Kejar Biawak, Pria Terjebak di Gorong-gorong”.
 
"Kasian" tulis akun tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah? Berikut cek faktanya.
[Cek Fakta] Foto Jokowi Terjebak di Gorong-Gorong Saat Mencari Biawak? Cek Dulu Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada tangkapan layar yang beredar Jokowi diberitakan terjebak di gorong-gorong adalah salah. Faktanya, foto tangkapan layar itu hasul editan.
 
Dikutip dari Turnbackhoax.id, bukan Presiden Jokowi yang terjebak, melainkan seorang warga yang terjebak di gorong-gorong saat mencari biawak.
 
Video aslinya berasal dari CNN Indonesia tayang pada channel YouTube REDAKSI TRANS7 OFFICIAL. Pada headline tersebut, CNN Indonesia tidak menampilkan sosok Jokowi, melainkan gambar baju berwarna merah diletakkan di dahan pohon.
 

[Cek Fakta] Foto Jokowi Terjebak di Gorong-Gorong Saat Mencari Biawak? Cek Dulu Faktanya
 

Berita tersebut membicarakan seorang pria yang berprofesi sebagai pengamen terjebak selama lima jam di dalam gorong-gorong yang terletak di Penjaringan Jakarta Utara. Pria tersebut sebelumnya berniat menangkap biawak, namun naas ia malah terjebak.
 
Adapun foto Presiden Jokowi yang memasuki gorong-gorong memang benar adanya. Dikutip Liputan6.com, foto Jokowi masuk ke selokan diambil pada 2013, saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI. Jokowi saat itu sedang blusukan untuk mengecek kondisi saluran air di Jalan Raya Lenteng Agung, seberang stasiun Tanjung Barat.
 

Kesimpulan:
Klaim pada tangkapan layar yang beredar Jokowi diberitakan terjebak di gorong-gorong adalah salah. Faktanya, foto tangkapan layar itu hasul editan.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

[Cek Fakta] Foto Jokowi Terjebak di Gorong-Gorong Saat Mencari Biawak? Cek Dulu Faktanya
 

Referensi:
https://turnbackhoax.id/2022/01/19/salah-gambar-presiden-jokowi-di-headline-berita-cnn-kejar-biawak-pria-terjebak-di-gorong-gorong/
https://www.liputan6.com/news/read/743183/jokowi-turun-ke-got-nan-bau
https://youtu.be/y6rf6HFnnes
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif