Penanaman pohon trembesi di area konservasi Stone Garden/ Medcom.id/K. Yudha Wirakusuma.
Penanaman pohon trembesi di area konservasi Stone Garden/ Medcom.id/K. Yudha Wirakusuma.

Perjuangan Membenahi Desa Cidadap

Rona wisata astra international
K. Yudha Wirakusuma • 27 November 2019 09:05
Padelarang: Seorang pria berusia sekitar 30 tahun berjalan melintasi kursi dan meja ke depan ruangan hotel. Tak lama pembawa acara pun menyodorkan pengeras suara kepadanya.
 
Dengan nada rendah dia mengatakan canggung dan kurang percaya diri tampil di hadapan puluhan karyawan PT Astra International Tbk. Deden Sarif Hidayat, adalah seorang nakhoda komunitas Forum Peduli Karst Citatah (FP2KC).
 
Deden berjuang membenahi Desa Cidadap, di Padalarang, Jawa Barat dari penambangan liar batu kapur yang menimbulkan kerusakan lingkungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia percaya dengan strategi kampung berbasis konservasi yang dapat memberikan peluang mata pencaharian baru bagi masyarakat sekitarnya.
 
Pria yang akrab dipanggil Kang Deden ini menggerakkan anak muda di sekitarnya untuk memulihkan lingkungan dan membuka peluang mata pencaharian baru. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah daerah setempat untuk melestarikan karst Citatah.
Perjuangan Membenahi Desa Cidadap
Deden Sarif Hidayat. Medcom.id/K. Yudha Wirakusuma.
 
Membangun kesadaran masyarakat, mengembangkan potensi daerah seperti pemanfaatan sumber daya alam lokal, tanpa merusak lingkungan. “Bahkan ada pertanyaan menggelitik dari masyarakat. Jika tidak menambang, kemudian makan apa,” ucapnya menirukan pertanyaan warga.
 
Dia mengatakan, tidak mengharamkan penambangan. "Namun jangan sporadis, sehingga dapat terjaganya keseimbangan alam. Apa yang saya lakukan pun banyak ditentang. Bahkan saya mendapat ancaman,” terangnya.
 
Delapan tahun kemudian, atau tepat di tahun 2017, Astra melanjutkan kegiatan pelestarian alam. Salah satunya melalui program Kampung Berseri Astra.
 
Di Kampung Berseri Astra Cidadap terdapat berbagai kegiatan pelestarian lingkungan. Seperti pembibitan tanaman, pembuatan kompos, biogas, pengelolahan tumbuhan hidroponik, bank sampah, dan mini gallery sebagai UMKM yang menyediakan karya warga sekitar.
 
"Astra turut berkontribusi dalam menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup, melalui berbagai kegiatan di bidang lingkungan," tutur Chief Corporate Affairs Astra Pongki Pamungkas.
 
Dia menambahkan Astra telah menanam lebih dari 5 juta pohon di berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.
 
Kegiatan Kampung Berseri Astra Cidadap yang diinisiasi oleh Grup Astra merupakan wujud nyata kontribusi Astra di bidang lingkungan. Karena kerusakan lingkungan di area sekitar Kampung Berseri Astra Cidadap merugikan masyarakat.
 
Trembesi di Area Konservasi Stone Garden
 
Guna mendukung pelestarian destinasi wisata ekoturisme Stone Garden Geo Park. Pada 22 November 2019, ditanam sebanyak 600 pohon trembesi di area konservasi Stone Garden.
 
Head of Corporate Communications, Astra Boy Kelama Soebroto berharap penanaman ratusan pohon trembesi ini bisa melestarikan destinasi wisata ekoturisme Stone Garden Geo Park.
 
"Ini menjadi salah satu wujud kontribusi Astra untuk pelestarian lingkungan," ucapnya, di Area Stone Garden.
 
Perjuangan Membenahi Desa Cidadap
Penanaman pohon trembesi di area konservasi Stone Garden/ Medcom.id/K. Yudha Wirakusuma.
 
Trembesi dipilih karena jenis pohon itu tumbuh lebih cepat. Selain itu juga cocok untuk jenis tanah di kawasan Stone Garden yang cenderung kering. "Kami harap pohon trembesi ini juga bisa menahan longsor," kata Boy.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Kadisparbud) Kab. Bandung Barat, Sri Dustirawati mengatakan, penanaman ratusan pohon trembesi ini akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.
 
"Karena banyak sekali masyarakat yang mata pencahariannya bergantung pada Stone Garden. Juga kalau terjadi bencana kan masyarakat sendiri yang terdampak," ungkap Sri.
 
Sekilas Tentang Stone Garden
 
Hamparan tanah luas berbukit diisi oleh batu-batu besar menjadi pemandangan pertama saat menginjakkan kaki di Stone Garden yang berada di Kampung Girimulya Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat Kab.Bandung Barat, Jawa Barat. Batu-batu di atas tanah lebih kurang 2 hektar ini mirip batu korang yang biasanya ada di laut.
Perjuangan Membenahi Desa Cidadap
Berada di ketinggian 908 Mdpl, konon batu-batuan di Stone garden ini terbentuk dari sisa puing-puing dasar danau purba Bandung. Alhasil para wisatawan tak ingin melewatkan sesasi keindahan panorama batu kapur yang sangat eksotis. Mulai dari berfoto hingga berwisata sejarah dan budaya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif