Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Jenis Keju dengan Kandungan Garam Rendah

Rona keju
Raka Lestari • 30 Juli 2019 11:53
Anda perlu memerhatikan kandungan garam pada keju yang mungkin bisa berpengaruh pada kesehatan. Beberapa jenis keju yang memiliki kandungan sodium rendah.
 

Jakarta: Keju adalah makanan favorit banyak orang. Ada banyak sekali makanan yang akan semakin lezat jika ditambahkan dengan topping keju. Namun Anda perlu memerhatikan kandungan garam pada keju yang mungkin bisa berpengaruh pada kesehatan Anda.
 
Rene Ficek, RD, ahli nutrisi  di Seattle Sutton's Healthy Eating, menjelaskan bahwa saat proses penghentian pertumbuhan bakteri saat pembuatan keju dapat mengontrol kelembapan, meningkatkan tekstur dan meningkatkan rasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang paling penting, garam ditambahkan untuk beberapa alasan keamanan sebagai pengawet alami. Itulah mengapa beberapa jenis keju memiliki kandungan garam yang cukup tinggi, menurut ficek," katanya.
 
Namun untungnya ada beberapa jenis keju yang memiliki kandungan sodium rendah, seperti beberapa jenis keju berikut ini:
 
Cottage cheese
 
Dipasangkan dengan telur rebus dan roti gandum, cottage cheese bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan sarapan yang sehat. Meskipun begitu, cottage cheese biasa mungkin mengandung banyak sodium, sehingga usahakan pilih varian yang tanpa garam. Menurut Ficek, pada umumnya cottage cheese yang tanpa garam biasanya mengandung bahan pengawet lebih banyak daripada cottage cheese yang ditambahkan garam.
 
Ricotta
 
Salah satu masakan yang paling sering menggunakan jenis keju ini adalah lasagna. Keju jenis ini cenderung memiliki tekstur yang ringan sehingga cukup untuk mengimbangi berbagai jenis masakan Italia. Karena dikonsumsi segar, dan memiliki kadar air yang tinggi, ricotta tidak memerlukan garam untuk pengawetan atau pengurangan kelembapan.
 
"Ini juga tidak perlu untuk rasa, karena bahan-bahan lain dalam hidangan dengan ricotta biasanya sudah kaya rasa," kata Ficek.
 
Cream cheese
 
Bagel dan cream cheese merupakan paduan yang tepat untuk memulai hari Anda, terlebih lagi cream cheese merupakan keju dengan kandungan sodium yang rendah. "Cream cheese adalah keju yang harus didistribusikan dengan kelembapan yang tinggi, didinginkan, dan dikonsumsi saat masih segar. Jadi, garam tidak diperlukan untuk menghilangkan kelembapan dalam adonan keju, sehingga tidak dibutuhkan pengawet dalam proses distribusinya," ujar Ficek.
 
Parmesan
 
Sama seperti cream cheese, Parmesan biasanya disajikan diatas semangkuk pasta atau disajikan sebagai pelengkap sehingga Anda tidak mengonsumsinya dalam jumlah banyak. "Panduan FDA untuk Parmesan adalah sekitar lima gram setiap penyajian. Ukuran porsi kecil dari Parmesan karena kebanyakan orang menggunakan Parmesan sebagai tambahan rasa bukan sebagai bahan utama dalam masakan," kata Ficek.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif