Setelah pandemi covid-19 Anda bisa menyambangi kota Toyama yang terkenal dengan ramennya berwarna hitam. (Foto: Dok. Instagram Yonerou/@yonerou1970)
Setelah pandemi covid-19 Anda bisa menyambangi kota Toyama yang terkenal dengan ramennya berwarna hitam. (Foto: Dok. Instagram Yonerou/@yonerou1970)

Ramen Hitam yang Hanya ada Di Toyama, Jepang

Rona kuliner jepang ramen hitam
Kumara Anggita • 31 Mei 2020 15:32
Jakarta: Setiap kota memiliki keunikannya masing-masing. Dan di Toyama, Jepang keunikan yang mereka tawarkan adalah ramen hitam. Ya, ramen ini berkuah hitam. Rame spesial ini berbeda dengan ramen pada umumnya dan rasa yang diberikan luar biasa nikmat. 
 
Dilansir dari Great Big Story, ramen hitam ini hanya ada di Toyama. Hanya terdapat lima restoran yang menjualnya. Salah satu yang menjual ramen hitam ini adalah restoran Nischiko Taiki. Penjualnya bercerita bahwa makanan ini disebut oleh warga lokal dengan nama Chuka Soba.
 
Chuka Soba ditemukan pada tahun 1947 oleh Seikan Aoiki. “Setelah perang dunia kedua, semuanya hancur dan tak ada yang tersisa di Jepang. Jadi dia buat menu sampingan untuk nasi,” pungkasnya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian Aoiki membuat miso dari daging babi dan mencampurnya dengan saus. Dia memilih kecap untuk menambah rasa hidangannya. Penjual dari Nischiko Taiki menyebutkan bahwa dia membuat ramen ini dengan berbagai jenis saus. 
 
“Warnanya sangat hitam. Kita tak pakai pewarna buatan. Kita buat lima jenis kecap dan satu bahan rahasia,” ungkapnya.
 
Banyak orang dari luar negeri berkunjung ke Toyama hanya untuk mencicipi kenikmatan chuka soba. Chuka soba, sebuah makanan sederhana mampu membuat kota menjadi populer di dunia. Apakah Anda tertarik untuk mencoba ramen hitam ini juga?
 

(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif