Sejalan dengan gerakan nasional ini kementerian BUMN melalui Bank BRI selaku lembaga perbankan terbesar milik negara mempersembahkan program Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020. Perhelatan mode virtual terbesar pertama di Indonesia dan berkolaborasi dengan lebih dari 300 UMKM serta pegiat industri mode.
NUFF 2020 dilaksanakan pada tanggal 1-31 Agustus 2020, menghadirkan karya 75 karya perancang, label dan UMKM mode dalam Virtual Fashion Show. Selain itu, lebih dari 50 pembicara dalam Fashion Talks dan produk kolaborasi spesial desainer dan brand lokal akan dihadirkan dalam Charity Auction.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
"BRI mendukung penuh kegiatan ini, salah satu tujuannya adalah membantu UMKM berjuang ditengah pandemi covid-19. Keterlibatan UMKM dalam kegiatan ini dengan harapan dapat menjadi sarana promosi sekaligus membantu penjualan produk lokal buatan Indonesia," ujar Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani.
Ia menambahkan bahwa UMKM mode saat ini telah bertransformasi dan sangat beragam mulai dari pengrajin kain tradisional sampai dengan label lokal modern. Kondisi saat ini pun menuntut adanya inovasi-inovasi untuk membantu industri mode terus bertahan.
Gelaran NUFF 2020 ini menghadirkan pengalaman mode yang dikemas secara digital bagi pecinta mode. Karya kolaborasi lintas profesi dari industri kreatif dengan menampilkan sinematografi serta panggung virtual terbaik, dipersembahkan.
Tujuannya, untuk memperlihatkan talenta dan karya pegiat mode serta kualitas produk UMKM Indonesia. Selain itu, juga sebagai bukti bahwa ekosistem digital dapat menjadi media untuk berkolaborasi dan mempresentasikan karya mode.
"Kami menghadirkan konsep ekosistem online yang terintegrasi, mulai dari live streaming sampai e-commerce, yang dapat dimanfaatkan sebagai platform bagi UMKM serta pelaku industri mode untuk bertemu, berkolaborasi, dan bertumbuh," tutur CEO Samara Media & Entertainment, Ben Soebiakto.
"Kami ingin festival mode virtual ini dapat memberikan inspirasi kepada pegiat industri mode dan menyambut ide-ide kreatif yang dapat memajukan ekonomi kreatif Indonesia. Untuk itu, berbagai persiapan telah kami lakukan dengan menampilkan program inspiratif, profil, dan produk yang menjadi Bangga Buatan Indonesia," tambahnya.
Hadirnya NUFF 2020 dapat menjadi angin segar bagi pelaku UMKM yang saat ini membutuhkan dukungan untuk memperlihatkan eksistensi diri dan juga mempresentasikan karyanya. Hal itu disampaikan Direktur SMESCO Indonesia (Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM), Leonard Theosabrata.
"Untuk mendorong kebangkitan ekonomi dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, tidak hanya pemerintah namun juga masyarakat berkontribusi dalam gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dengan menggunakan produk dalam negeri," paparnya.
Sementara itu, Virtual Fashion Show dan Virtual Gala Show pada 16 dan 17 Agustus 2020 akan mempresentasikan karya dari 75 desainer dan label mode dalam rangka merayakan HUT Republik Indonesia ke-75. NUFF 2020 juga akan menggelar Charity Auction sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku industri mode yang terkena dampak dari pandemi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News(TIN)