Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio (Foto: Dok Kemenparekraf)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio (Foto: Dok Kemenparekraf)

Kemenparekraf Dukung Festival Kreatif Lokal 2020

Rona Kemenparekraf
Kumara Anggita • 28 Agustus 2020 12:02
Jakarta: Saat ini, UKM kreatif adalah salah satu hal yang bisa membantu perekonomian Indonesia. Semakin banyak usaha seperti ini muncul maka semakin baik keadaan kita.
 
Dalam hal ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung penyelenggaraan kegiatan "Adira Finance Festival Kreatif Lokal 2020”. Kegiatan ini dipercaya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan daya saing UKM kreatif dan wirausaha muda di Indonesia. 
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata sinergi yang baik antara Kemenparekraf dengan pihak swasta. Hal ini dalam upaya membantu meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Diharapkan dengan kerja sama ini dapat turut mengembangkan potensi ekonomi kreatif sesuai sumber daya lokal di masing-masing daerah, sehingga dapat menjadi salah satu pembangun struktur perekonomian daerah serta menjadi daya tarik tersendiri dalam kaitannya dengan mengundang wisatawan dalam maupun luar negeri," kata Wishnutama dalam acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Festival Kreatif Lokal dengan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk.

Usaha di Indonesia di tengah Covid-19

Ia juga mengatakan, di masa pandemi ini semua pihak dihadapkan pada tantangan yang berat sehingga membuat semua harus lebih giat dan kreatif dalam menciptakan peluang. Untuk itu pemerintah mendukung produk lokal agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri. 
 
Pemerintah bersama dengan telah menginisiasi gerakan nasional "Bangga Buatan Indonesia" dan Kemenparekraf menjadi inisiator yang memulai kampanye itu dengan menggulirkan gerakan #BeliKreatifLokal. 
 
Dalam program tersebut, Kemenparekraf memberikan berbagai pendampingan untuk peningkatan kompetensi pelaku UKM ekraf agar dapat masuk ke platform digital. 
 
"Dengan bertransformasi ke digital, pemasaran yang dilakukan UKM akan berjalan lebih cepat dan jangkauannya lebih luas. Sehingga dapat mempercepat perputaran siklus ekonomi, memperbaiki daya beli masyarakat, dan pada akhirnya mendorong kebangkitan ekonomi pascapandemi," kata Wishnutama.

Festival untuk mendukung kampanye  #BeliKreatifLokal

Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli, mengatakan bahwa “Festival Kreatif Lokal 2020" merupakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance yang bertemakan “Bangkit Bersama Sahabat” yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021. Program ini merupakan bentuk dukungan terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia. 
 
“Pandemi covid-19 telah berdampak pada sektor usaha. Situasi ini mendorong kita untuk bangkit dan berkolaborasi dalam menghadapi kesulitan ekonomi. Sejalan dengan visi kami yaitu menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan, #FestivalKreatifLokal 2020 adalah wujud kepedulian kami untuk membangun pelaku UKM dan generasi muda agar bersama-sama bangkit membangun perekonomian Indonesia," ujar Hafid Hadeli.

Festival kreatif lokal 2020

Festival Kreatif Lokal 2020 meliputi dua program acara yaitu Kreatif Lokal Award dan Konser Kreatif Lokal. Kreatif Lokal Award merupakan sebuah apresiasi nyata Adira Finance bagi individu pelaku wirausaha yang telah menunjukkan prestasi kinerja baik dan memberdayakan masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan kreativitas sehingga meningkatkan taraf hidup diri dan lingkungannya. 
 
Ajang ini berupaya mencari 18 pemenang dari 6 kategori bidang ekonomi kreatif yang dilombakan yaitu Kuliner, Fashion, Kriya, Fotografi, Video, dan Pertunjukan.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif