Setidaknya satu minuman soda diet sehat, pinggangnya bertambah kira-kira 7.5 cm. (Foto Ilustrasi: Public Domain Picture/Pexels)
Setidaknya satu minuman soda diet sehat, pinggangnya bertambah kira-kira 7.5 cm. (Foto Ilustrasi: Public Domain Picture/Pexels)

Minum Soda Diet justru Bikin Pinggang Besar?

Rona studi kesehatan
Kumara Anggita • 02 Juni 2019 12:31
Dalam sebuah studi yang melibatkan 749 orang Meksiko-Amerika dan Eropa-Amerika menghasilkan sebuah fakta, bahwa orang yang secara teratur meminum soda diet ukuran pinggangnya justru akan bertambah.
 
Jakarta:
Sensasi segar dan manisnya soda memang menuntut Anda ingin terus meminumnya. Beberapa orang bahkan tidak bisa absen dari minuman tersebut.
 
Jika Anda adalah satunya, berhati-hatilah karena minum soda dalam jumlah berlebihan akan memengaruhi kesehatan Anda. Dan secara kasat mata bisa membuat pinggang Anda membesar. Ini termasuk jenis soda diet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebuah studi baru yang dilansir Mail Online, orang yang secara teratur meminum soda diet ukuran pinggangnya justru akan bertambah.
 
Para ilmuwan di University of Texas meneliti gaya hidup 749 orang Meksiko-Amerika dan Eropa-Amerika, selama sembilan tahun di mana 466 partisipan dari sana selamat.
 
Mereka menemukan bahwa partisipan yang menikmati, setidaknya satu minuman soda diet sehat, pinggangnya bertambah kira-kira 7.5 cm.
 
Sementara, salah satu penulis utama studi, Sharon Fowler menyatakan mereka yang mengatakan tidak pernah mengonsumsi minuman soda diet, lingkar pinggangnya berkurang 3 cm. Setidaknya selama periode studi sembilan tahun.
 
Untuk orang yang minum sesekali seperti minum kurang dari satu diet soda sehari, lingkar pinggang meningkat sekitar 5 cm.
 
Para peneliti telah mengaitkan kejadian ini dengan lemak visceral yang menumpuk di sekitar organ internal. Ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan peradangan, risiko penyakit metabolik, diabetes, serangan jantung, stroke, kanker, dan bahkan kematian.
 
“Peningkatan lemak perut lebih dari tiga kali lebih besar pada pengguna soda diet harian dibandingkan dengan yang bukan pengguna,” kata Dr. Fowler.
 
"Ini adalah masa kehidupan ketika peningkatan lingkar pinggang dikaitkan dengan peningkatan risiko kondisi medis yang serius  dan kematian,” lanjutnya.
 
Pada 2008, para ilmuwan yang sama menerbitkan penelitian tentang hubungan antara meminum minuman manis buatan, dan penambahan berat badan jangka panjang oleh  partisipan.
 
Mereka menemukan bahwa, di antara lebih dari 3.600 warga Meksiko-Amerika dan Eropa-Amerika berusia 25 hingga 65 tahun, yang mengikuti ini selama tujuh hingga delapan tahun  indeks massa tubuh dan risiko obesitasnya meningkat secara konsisten.
 
Sebagai bagian dari studi baru, para peneliti menyesuaikan secara statistik untuk sejumlah besar variabel seperti ukuran pinggang awal, tingkat latihan, dan apakah peserta menderita diabetes atau merokok.
 
Hasilnya konsisten bahwa orang yang minum soda diet setiap hari berkaitan dengan risiko diabetes, serangan jantung, stroke, dan masalah kesehatan jangka panjang lainnya.
 
Jadi, coba cek pinggang Anda sekarang ukurannya sudah sebesar apa. Jika Anda ingin menghindari penyakit-penyakit itu maka mulai dari sekarang hindarilah minum-minuman bersoda dan perbanyak olahraga.
 
Cara Sehat, Mudah dan Nyaman Mengontrol Berat Badan

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif