Apa yang terjadi di dalam tubuh jika Anda berhenti minum susu? Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)
Apa yang terjadi di dalam tubuh jika Anda berhenti minum susu? Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)

Apa yang Terjadi pada Tubuh Anda Ketika Berhenti Minum Susu?

Rona kesehatan
Raka Lestari • 03 Desember 2019 08:04
Jakarta: Berhenti mengonsumsi susu dan olahan makanan berbahan dasar susu akhir-akhir ini menjadi hal yang cukup banyak dilakukan orang-orang.
 
Beberapa orang melakukannya karena alasan kesehatan, tetapi beberapa orang lainnya melakukan hal tersebut dengan asumsi dapat memiliki efek positif pada kulit mereka. Tetapi apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh Anda ketika berhenti mengonsumsi susu dan olahan makanan berbahan dasar susu?
 
Pertama-tama, pikirkan mengapa Anda berhenti mengonsumsi susu. "Saya tidak akan menyarankan klien untuk sepenuhnya menghilangkan susu dari diet mereka kecuali saya curiga ada alergi yang mendasarinya,” ujar Caroline Piper, ahli gizi di Civilized Health.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Banyak orang yang kesulitan mencerna laktosa atau sejenis gula yang ditemukan dalam produk susu. Ahli gizi dan penulis Real Lunchtime Food, Jenny Tschiesche, membenarkan hal ini. "Banyak orang tidak menghasilkan cukup enzim (laktase) yang bertanggung jawab untuk memecah (laktosa)," katanya. Reaksi negatif terhadap hal tersebut bisa sangat cepat. 
 
Apa yang Terjadi pada Tubuh Anda Ketika Berhenti Minum Susu?
(Pertimbangkan jika Anda ingin berhenti mengonsumsi susu. Atau bisa mengonsultasikannya pada dokter jika ingin berganti menjadi suplemen vitamin. Foto: Pexels.com)
 
Namun jika Anda tidak memiliki masalah dengan susu atau produk turunan dari susu, berhenti mengonsumsinya dapat membuat Anda kehilangan berat badan. Tapi, Piper menambahkan bahwa menurunkan berat badan dengan cara ini bisa membuat Anda kesulitan mempertahankan berat badan sehingga Anda harus menambahkan olahraga. 
 
Dikutip dari Lauren Sharkey lewat "What Happens To Your Body When You Give Up Dairy For A Week?" dalam Bustle, Tschiesche memaparkan perbaikan kulit adalah manfaat jangka pendek lain yang potensial jika Anda berhenti mengonsumsi susu dan produk susu. 
 
“Hormon dan faktor pertumbuhan, yang secara alami terdapat dalam susu sapi, diperkirakan merangsang jerawat pada individu yang rentan.” Namun hal tersebut masih menjadi topik yang diperdebatkan dalam dunia kesehatan. Dan jika Anda seorang penderita migrain, Anda mungkin akan lebih sedikit mengalami sakit kepala. 
 
Namun, Piper menyatakan, dengan menghentikan asupan susu dan produk susu hanya dalam seminggu dapat menghilangkan nutrisi penting bagi tubuh Anda, mulai dari kalsium, magnesium, dan vitamin B12.
 
“Kekurangan asupan vitamin B12, misalnya, dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan yang berlebihan." Jadi Piper menyarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin B12 jika Anda benar-benar ingin berhenti mengonsumsi susu dan produk susu sama sekali. 
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif