Ketahui fungsi tali pusat dan mengapa terasa geli jika Anda memegang pusar Anda. (Foto: Pexels.com)
Ketahui fungsi tali pusat dan mengapa terasa geli jika Anda memegang pusar Anda. (Foto: Pexels.com)

Manfaat dan Fungsi Tali Pusat

Rona fungsi tali pusat
Anda Nurlaila • 17 Juli 2019 13:57
Tali pusar atau tali pusat terbentuk sangat dini pada kehamilan. Tali pusat akan bertambah panjang karena gerakan bayi yang meningkat dan dapat mencapai sekitar 50-70 cm. Sains menunjukkan waktu memotong tali pusat setelah persalinan memengaruhi perkembangan bayi.
 

 
Jakarta: Selama dalam kandungan, bayi memperoleh nutrisi dan oksigen melalui tali pusat (atau yang biasa disebut tali pusar). Setelah kelahiran, tali pusat dipotong dan sisa-sianya mengering menjadi sebuah tombol kecil di perut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa tradisi di dunia bahkan memiliki perayaan dalam pemisahan tali pusat. Salah satu mainan pertama bayi juga adalah tali pusat.
 
Seperti diberitakan The Conversation, memotong tali pusat saat lahir adalah salah satu prosedur bedah paling umum dan hampir semua manusia mengalaminya.
 
Sains menunjukkan waktu memotong tali pusat setelah persalinan memengaruhi perkembangan bayi. Menunda menjepit dan memotong tali pusar selama tiga menit dapat memberi tambahan 80-100ml darah atau hampir sepertiga volume darahnya. Volume darah ekstra ini memiliki dampak positif pada perkembangan anak.
 
Tali pusat terbentuk sangat dini pada kehamilan. Tali pusat akan bertambah panjang karena gerakan bayi yang meningkat dan dapat mencapai sekitar 50-70 cm. Bayi yang banyak bergerak cenderung memiliki tali pusat lebih panjang.

Manfaat dan Fungsi Tali Pusat
(Menunda menjepit dan memotong tali pusar selama tiga menit dapat memberi tambahan 80-100ml darah atau hampir sepertiga volume darahnya. Volume darah ekstra ini memiliki dampak positif pada perkembangan anak. Foto: Pexels.com)

Isi tali pusat

Tali pusat terdiri dari satu vena besar dan dua arteri kecil. Vena membawa darah berisi oksigen dari ibu ke bayi. Arteri membawa darah yang kurang oksigen dan produk limbah dari bayi kembali ke ibu. Tali pusat melekat ke plasenta sehingga tidak terhubung langsung ke sirkulasi ibu.
 
Plasenta bertindak seperti sistem penyaringan canggih. Manfaatnya melindungi pembuluh darah dari tekanan saat bayi bergerak, atau ketika dilahirkan.  
 
Tali pusat berisi zat seperti jeli yang disebut jeli Wharton berfungsi sebagai airbag alami. Itulah sebabnya bayi yang lahir dengan tali pusat melilit leher tidak menimbulkan masalah.
 
Beberapa saat setelah kelahiran, tali pusat berhenti berperan dalam sirkulasi darah antara ibu dan bayi. Setelah dijepit dan dipotong, tali pusat layu dan berwarna hitam pekat.
 
Selama minggu pertama kehidupan tali pusat akan mengering dan lepas dari tubuh. Selama kehamilan, ada wanita yang pusarnya menonjol seiring rahim dan bayi yang membesar. Namun sebagian lainnya normal.
 
Setelah bayi lahir dan mengambil napas pertama, darah masuk ke paru-paru. Pergantian luar biasa ini akan membuat arteri menyempit untuk menghentikan aliran darah ke plasenta dan kemudian vena perlahan-lahan lepas.
 
Secara internal vena dan arteri di tali pusat menutup dan membentuk ligamen, membentuk jaringan ikat yang kuat. Ligamen-ligamen ini membagi hati menjadi beberapa bagian dan tetap melekat pada bagian dalam pusar.
 
Bagian dari arteri umbilical yang paling dekat dengan pusar berubah menjadi ligamen yang tidak memiliki tujuan nyata. Bagian lebih internal menjadi bagian sistem peredaran darah dan ditemukan dalam pelvis yang memasok darah ke bagian kandung kemih, ureter dan ductus deferens pada pria.
 
Pada kasus yang jarang terjadi, sisa-sisa jaringan penghubung kandung kemih dengan pusat masih ada. Ini menyebabkan urine keluar dari pusar.
 
Hal ini adalah sebuah kelainan yang dapat diperbaiki melalui operasi setelah kelahiran. Itulah sebabnya saat menempelkan jari ke pusar, Anda akan merasa kesemutan di sekitar kandung kemih dan daerah panggul Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif