Studi: Raspberry Bermanfaat bagi Sirkulasi Darah

Raka Lestari 13 Juli 2018 13:12 WIB
studi kesehatan
Studi: Raspberry Bermanfaat bagi Sirkulasi Darah
Peneliti mengatakan para sukarelawan yang mengonsumsi raspberry dalam jumlah tertentu menunjukkan tanda-tanda perbaikan fungsi pembuluh darah. (Foto: Ashim D’Silva/Unsplash.com)
Jakarta: Tidak hanya lezat saat dimakan, menurut sebuah penelitian terbaru ternyata raspberry sangat bagus untuk sirkulasi darah juga.

Sebuah penelitian yang melibatkan pria berusia 18-35 tahun ini dilakukan pengamatan terhadap para sukarelawan yang masing-masing mengonsumsi minuman buah dengan 200 gram dan 400 gram raspberry beku. 

Minuman buah yang ditambahkan raspberry beku tersebut memiliki kandungan polifenol sebanyak 201-403 mg, di mana polifenol adalah senyawa yang ditemukan pada tumbuhan yang dapat berguna dan bermanfaat bagi tubuh manusia dalam membantu melawan penyakit. 


Para peneliti mengatakan para sukarelawan yang mengonsumsi raspberry dalam jumlah tertentu menunjukkan tanda-tanda perbaikan fungsi pembuluh darah dalam jangka pendek.


(Minuman buah yang ditambahkan raspberry beku tersebut memiliki kandungan polifenol sebanyak 201-403 mg, di mana polifenol adalah senyawa yang ditemukan pada tumbuhan yang dapat berguna dan bermanfaat bagi tubuh manusia dalam membantu melawan penyakit. Foto: Dennis Klein/Unsplash.com)

(Baca juga: Tips Menyimpan Buah dan Sayuran agar Segar Lebih Lama)

Para peneliti juga melihat efek pada pembuluh darah dua dan sekitar 24 jam setelah mengonsumsi raspberry para peneliti menemukan bahwa mereka yang minum minuman raspberry merah memiliki flow-mediated Dilation (FMD) yang lebih baik, sebuah indikator untuk risiko penyakit jantung.

FMD meningkat secara signifikan dua jam setelah mereka mengonsumsi minuman yang ditambahkan raspberry beku. 

Penulis studi tersebut, Dokter Ana Rodriguez-Mateos, dari King's College London mengatakan "Penelitian menunjukkan bahwa ellagitannins, sejenis senyawa alami yang terdapat dalam raspberry merah, dapat memainkan peran dalam mendorong efek positif yang terlihat pada fungsi pembuluh darah pada peserta studi."





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id