(Foto: iStock)
(Foto: iStock)

Sering Mengambil Cuti Kerja Tingkatkan Angka Harapan Hidup

Rona studi kesehatan
Sri Yanti Nainggolan • 01 September 2018 10:45
Jakarta: Mengambil cuti ternyata tak hanya membantu menyegarkan pikiran, tetapi juga dapat memperpanjang usia. 
 
Sebuah studi yang berlangsung selama 40 tahun menyimpulkan bahwa mereka yang mengambil cuti tahunan dengan total kurang dari tiga minggu berisiko sepertiga kali lebih mungkin mengalami mati muda dibandingkan mereka yang mengambil libur lebih banyak. 
 
Meski demikian, pola makan sehat dan olahraga teratur tetap tak bisa dilupakan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penelitian, yang dimulai pada 1970-an tersebut melibatkan 1.222 pria paruh baya yang lahir antara 1919 dan 1934. Semuanya beresiko terkena penyakit jantung, karena faktor-faktor seperti tekanan darah tinggi, merokok, atau kelebihan berat badan.
 
Setengah dari mereka diberi instruksi untuk berolahraga, makan dengan bijaksana, mencapai berat badan yang sehat dan berhenti merokok. Sementara partisipan lain tidak diberi saran tambahan.
 
Penelitian yang dipresentasikan pada konferensi European Society of Cardiology di Munich tersebut menemukan bahwa mereka yang diberi nasihat rutin lebih mungkin untuk mati muda dimana intervensi mungkin telah menambahkan tekanan ekstra pada hidup mereka.
 
Pada kelompok yang sama, mereka yang mengambil cuti kurang dari tiga minggu setiap tahun 37 persen terlihat lebih mungkin untuk mati muda selama 30 tahun ke depan.
 
"Kerusakan yang disebabkan oleh rezim gaya hidup intensif terkonsentrasi di subkelompok laki-laki dengan waktu liburan lebih pendek setiap tahunnya. Dalam penelitian kami, pria dengan liburan pendek bekerja lebih banyak dan tidur lebih sedikit daripada mereka yang lebih lama liburan," tukas peneliti Profesor Strandberg seperti dilansir dari Independent. 
 
Menurutnya, gaya hidup yang penuh tekanan tersebut mungkin telah mengesampingkan setiap manfaat dari intervensi. Intervensi itu sendiri mungkin juga memiliki efek psikologis yang merugikan pada orang-orang ini dengan menambahkan tekanan pada kehidupan mereka.
 
Lihat video:
 

 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif