Teh ternyata obat yang baik untuk mengurangi banyak gastritis. (Foto Ilustrasi: Hasan Albari/Pexels)
Teh ternyata obat yang baik untuk mengurangi banyak gastritis. (Foto Ilustrasi: Hasan Albari/Pexels)

Jenis-jenis Teh yang Bisa Mengobati Gastritis

Rona tips kesehatan teh
Torie Natalova • 28 Maret 2019 13:42
Gastritis memiliki beberapa penyebab. Seperti mengonsumsi alkohol yang berlebihan, penggunaan jangka panjang dari obat anti peradangan nonsteroid, stres, atau merokok.
 
Jakarta: Gastritis adalah penyakit yang ditandai dengan peradangan atau pembengkakan lapisan perut. Penyakit ini bisa jadi akut atau kronis, tergantung pada penyebabnya atau berapa lama gejalanya.
 
Gastritis sering kali disebabkan oleh bakteri H. pylori. Namun, gastritis juga bisa terkait dengan mengonsumsi alkohol yang berlebihan, penggunaan jangka panjang dari obat anti peradangan nonsteroid, stres, atau merokok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun beberapa gejala dari kondisi ini adalah gangguan pencernaan, mual, muntah dan perasaan kenyang. Dalam kasus yang lebih parah, Anda mungkin juga mengalami gejala seperti merasa lembap, muntah darah, pembengkakan, dan ketidaknyamanan perut yang parah.
 
Jika kondisinya parah, sangat penting untuk menjalani perawatan medis. Tapi, untuk kondisi yang ringan Anda bisa mengubah kebiasaan dan mengonsumsi teh herbal.
 
Teh ternyata obat yang baik untuk mengurangi banyak gastritis. Berikut adalah lima jenis teh yang dapat membantu mengatasi gastritis ringan Anda:

1. Teh hijau dengan madu manuka

Efek antibakteri dari teh hijau dapat membantu mengurangi bakteri penyebab gastritis. Teh hijau dengan madu manuka adalah salah satu perawatan terbaik untuk gastritis. Sebuah penelitian menetapkan bahwa mengonsumsi campuran tersebut dapat meminimalkan risiko infeksi oleh bakteri H. pylori.

2. Teh jahe

Gingerol dan senyawa aktif lain dari jahe memiliki efek positif pada kontrol gastritis akut dan kronis. Zat ini membantu meminimalkan radang selaput lambung dan menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri H. pylori.

Baca juga: Stres Memengaruhi Kenaikan Gula Darah

3. Teh chamomile

Chamomile dapat meredakan beberapa gejala yang berhubungan dengan gastritis seperti sakit perut dan pencernaan yang lambat.
 
Jenis-jenis Teh yang Bisa Mengobati Gastritis
Chamomile memang bukan obat paling ampuh mengatasinya, tapi ini sangat baik untuk meredakan gangguan pencernaan, peradangan dan mulas. Tanaman obat ini aman bahkan untuk anak-anak.

4. Teh mint

Ini adalah salah satu jenis teh paling terkenal untuk mengobati gastritis dan ketidaknyamanan sistem pencernaan. Teh mint dapat menghilangkan kram perut, gas dan asam berlebih. Bahkan, mint juga membantu mengurangi peradangan.
 
Jenis-jenis Teh yang Bisa Mengobati Gastritis

5. Teh ginseng Amerika

Ginseng adalah obat alami yang bagus untuk penyakit lambung. Ginseng Amerika dapat meningkatkan sistem pencernaan, mengurangi muntah dan meredakan usus yang meradang, juga meminimalkan peradangan pada lapisan perut.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif