(Ilustrasi--Foto: healtunit)
(Ilustrasi--Foto: healtunit)

Antisipasi Agar Hepatitis Tidak Meluas

Rona hepatitis a
Raka Lestari • 13 Juli 2019 07:06
Sejumlah antisipasi dilakukan Kemenkes RI agar Hepatitis A tidak menyebar. Salah satunya dengan mengedukasi masyarakat untuk menjalankan perilaku hidup bersih.
 
 
Jakarta:
Hepatitis A adalah penyakit virus yang mempengaruhi hati. Siapa pun dapat terinfeksi hepatitis A jika mereka memiliki kontak langsung dengan makanan, minuman atau benda yang terkontaminasi oleh kotoran orang yang terinfeksi.
 
Penting untuk diingat bahwa hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C disebabkan oleh virus yang berbeda. Tersebar dengan cara yang berbeda dan memerlukan perawatan yang berbeda. Ini berarti bahwa infeksi sebelumnya dengan satu jenis virus tidak akan menawarkan kekebalan terhadap yang lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu kasus yang baru-baru ini terjadi adalah banyaknya kasus Hepatitis A di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Bahkan kasus ini sudah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh pemerintah. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI, Anung Sugihantono mengatakan bahwa ada beberapa antisipasi yang bisa dilakukan agar penyebaran penyakit Hepatitis tidak meluas.
 
"Seperti yang kemarin sudah saya katakan, pertama untuk sumber air pastikan sumber air yang tidak tercemar. Oleh karena itu, yang didorong adalah bagaimana mendistribusikan air bersih kepada masyarakat," ujar Anung, seusai acara peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia, di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kamis, 11 Juli 2019.
 
Ia juga menambahkan bahwa pemerintah sudah melakukan edukasi kepada masyarakat untuk menjalankan perilaku hidup bersih. Caranya dengan cuci tangan sebelum makan, dan karena ada kebiasaan kultural, dan juga diharapkan untuk ditambahkan pengelolaan makanan mentah.
 
Makanan mentah itu mulai dari sayuran, saya minta untuk mencucinya dengan benar kemudian juga mencucinya di air yang bersih dan juga bebas dari cemaran.
 
"Kemudian juga kita lakukan untuk sementara sampai dua kali masa inkubasi itu dilakukan penjagaan posko di desa-desa (yang terdapat wabah hepatitis). Agar kalau ada keluhan tentang gejala penyakit hepatitis bisa segera ditangani, tidak kemana-mana, makannya diatur yang sehat, dan sebagainya," tutur Anung.
 
Tindakan paling penting yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri dari virus Hepatitis A adalah dengan melakukanvaksinasi. Memerhatikan kebersihan pribadi secara ketat juga dapat mengurangi risiko Hepatitis A.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif