Buah Cranberry. (Foto: Pexels)
Buah Cranberry. (Foto: Pexels)

5 Manfaat Cranberry untuk Kesehatan

Rona Cranberry
Sunnaholomi Halakrispen • 20 Mei 2020 11:50
Jakarta: Keindahan buah berwarna merah delima ini memiliki manfaat yang tidak sedikit dan mungkin Anda akan merasa takjub setelah mengetahuinya. Setidaknya cranberry, dapat mengurangi peradangan, mencegah resistensi antibiotik, dan banyak lagi.
 
Anda dapat mengaitkan cranberry dengan waktu yang pas mengonsumsinya saat liburan. Tetapi, ada alasan bagus untuk mengonsumsinya sepanjang tahun. Baik dalam keadaan beku, kering, atau dalam bentuk jus. Berikut ini manfaat cranberry, dilansir dari Health:

1. Cranberry meningkatkan sirkulasi

Cranberry terbukti membantu meningkatkan fleksibilitas arteri. Ini berarti peningkatan sirkulasi dan aliran darah, yang menghilangkan tekanan jantung dan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sirkulasi yang lebih baik juga dapat meningkatkan energi dan fungsi kognitif.

2. Cranberry menawarkan perlindungan penyakit

Ada bukti bahwa jus cranberry melindungi kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol jahat LDL, trigliserida (lemak darah), dan resistensi insulin. Terlebih lagi, senyawa tertentu dalam cranberry telah terbukti mampu memperlambat pertumbuhan tumor, termasuk sel kanker payudara, usus besar, paru-paru, dan prostat.

3. Cranberry mendukung kesehatan usus

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cranberry dapat membuat perubahan positif pada bakteri usus bermanfaat yang terkait dengan kekebalan, suasana hati, dan kesehatan pencernaan. Serat dalam cranberry utuh atau cranberry kering juga membantu mencegah sembelit dan mendukung kesehatan pencernaan.

4. Cranberry anti-inflamasi dan dikemas dengan antioksidan

Seperti jenis beri lainnya, cranberry adalah pembangkit tenaga antioksidan. Bahkan, ketika membahas soal buah, cranberry peringkat tinggi, tepat di bawah blueberry (sering disebut raja antioksidan) dalam potensi antioksidan.
 
Cranberry juga menyediakan senyawa anti-inflamasi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi cranberry memiliki kadar protein C-reaktif yang lebih rendah, penanda peradangan darah, yang dikenal sebagai pemicu penuaan dini, penyakit kronis, dan penurunan kognitif.

5. Cranberry membantu sistem kekebalan tubuh

Vitamin C dalam cranberry mendukung kekebalan tubuh dan diperlukan untuk membuat kolagen. Sehingga memainkan peran penting dalam kesehatan kulit, sendi, dan penyembuhan secara keseluruhan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jenis pertahanan alami yang sama ini juga terjadi di perut untuk mencegah bisul dan di mulut untuk melawan penyakit gusi.
 
Untuk memperoleh manfaat cranberry, carilah jus cranberry yang 100 persen tanpa pemanis. Lantaran cranberry memiliki rasa pahit, gula atau sirup sering ditambahkan, atau dikombinasikan dengan varietas buah yang lebih manis seperti apel.
 
Tapi, Anda bisa menambahkan jus cranberry murni ke smoothie pagi Anda. Bisa juga menggunakan cranberry bersama dengan susu almond yang dimaniskan ringan sebagai cairan dalam oatmeal.
 
Jika Anda memiliki cranberry beku, coba hangatkan di atas kompor dengan api kecil. Dengan sedikit perasan jeruk atau sirup maple, parutan jahe segar, kayu manis, dan cengkeh. Gunakan sebagai topping hangat atau dingin untuk apa saja, mulai dari sayuran hijau, spaghetti, maupun kentang manis.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif