Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Apakah Jus Cranberry Bisa Memotong Penggunaan Antibiotik ISK?

Rona Infeksi Saluran Kemih (ISK) Cranberry
Sunnaholomi Halakrispen • 20 Mei 2020 13:10
Jakarta: Minum jus cranberry dapat membantu mengurangi jumlah wanita yang membutuhkan antibiotik untuk infeksi saluran kemih (ISK). Hal ini dijelaskan dalam salah satu studi baru.
 
Dikutip dari WebMD, perempuan yang memiliki riwayat ISK baru-baru ini yang minum segelas jus 8 ons, setiap hari lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kembali gejala daripada mereka yang tidak meminumnya.
 
ISK adalah salah satu infeksi bakteri paling umum pada wanita di seluruh dunia dan mereka dapat memengaruhi hingga 60 persen wanita pada suatu waktu dalam hidup mereka. Kondisi ini terjadi ketika bakteri menginfeksi saluran kemih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gejala yang paling umum ialah munculnya rasa sakit atau perasaan terbakar ketika Anda buang air kecil. Selain itu, seringkali terjadi ingin buang air kecil secara tiba-tiba namun jumlah yang dikeluarkan hanya sedikit-sedikit.
 
Jika terjadi dua kondisi itu, lakukanlah pawatan standarnya, konsumsi antibiotik. Tetapi, terlalu sering menggunakan antibiotik berarti ISK menjadi semakin kebal terhadap obat yang mengobatinya.
 
Para peneliti di balik studi baru ini menyarankan bahwa cranberry bisa menjadi pendekatan nutrisi untuk mengurangi ISK. Sebagai hasilnya, bisa menjadi cara untuk membantu mengurangi penggunaan antibiotik di seluruh dunia.
 
Studi ini melibatkan 373 wanita dengan usia rata-rata 40,9 tahun yang diminta untuk minum segelas jus cranberry setiap hari atau plasebo selama 24 minggu. Para peneliti mengatakan, tingkat ISK turun di antara mereka yang berada dalam kelompok jus cranberry dengan hanya 39 diagnosis, dibandingkan dengan 67 untuk mereka yang berada dalam kelompok plasebo.
 
Cranberry memiliki kombinasi senyawa yang unik yang mencegah bakteri menempel dan menyebabkan infeksi. Penelitian ini didukung oleh Ocean Spray Cranberry.
 
Sementara itu, ada kiat-kiat atau tips untuk menghindari ISK. The Cystitis and Overactive Bladder Foundation merekomendasikan jus cranberry sebagai cara yang paling mungkin untuk mencegah infeksi, dibarengi dengan menjalankan sejumlah upaya lainnya. Berikut di antaranya.
 
1. Minum lebih banyak air.
2. Hindari alkohol, jus buah murni, teh atau kopi, karena dapat mengiritasi kandung kemi.
3. Kenakan pakaian yang terbuat dari bahan alami seperti katun atau linen dan jangan pakai tali.
4. Selalu bersihkan dari depan ke belakang setelah menggunakan toilet.
5. Cuci area anal setelah Anda buang air besar.
6. Kosongkan kandung kemih Anda segera setelah Anda merasa perlu.
7. Makan lebih banyak sayuran dan lebih sedikit junk food.
8. Untuk wanita pascamenopause, perawatan penggantian estrogen mungkin berguna.
9. Cuci area genital sebelum berhubungan seks, dan kencing dalam waktu 15 menit sesudahnya untuk membantu menghilangkan bakteri.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif