Menaikkan berat badan, tidak hanya mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak tetapi juga tetap harus memperhatikan kandungan nutrisi agar makanan yang dikonsumsi tubuh tetap sehat. (Ilustrasi/Pexels)
Menaikkan berat badan, tidak hanya mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak tetapi juga tetap harus memperhatikan kandungan nutrisi agar makanan yang dikonsumsi tubuh tetap sehat. (Ilustrasi/Pexels)

Tips Menaikkan Berat Badan dengan Cara yang Sehat

Rona berat badan
Raka Lestari • 30 Juni 2020 17:02
Jakarta: Banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Akan tetapi, banyak orang juga yang berusaha untuk menaikkan berat badan.
 
Menaikkan berat badan, tidak hanya mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak tetapi juga tetap harus memperhatikan kandungan nutrisi agar makanan yang dikonsumsi tubuh tetap sehat.
 
“Untuk menaikkan berat badan dengan cara yang tepat adalah dengan menambah asupan kalori. Kalau mau menaikkan berat badan, tambahkan 500 kkal per hari. Untuk laki-laki, biasanya membutuhkan lebih dari 2000 kkal sedangkan perempuan sekitar 1500 – 2000 kkal,” ujar Ardy Brian Lazuardi, Master of Science in Nutrition and Health dari Wagening University, Belanda, dalam Webinar Series Health and Nutrition Tropicana Slim, Selasa, 30 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk bisa mendapatkan tambahan 500 kkal tersebut, menurut Ardy usahakan dengan memilih makanan yang tinggi kalori tetapi baik untuk tubuh. “Makanan yang tinggi kalori itu biasanya tinggi kandungan lemak. Dan usahakan memilih lemak yang tidak jenuh, misalnya kalau mau sehat bisa memilih buah alpukat,” ujar Ardy.
 
“Buah alpukat sendiri mengandung banyak lemak tak jenuh, sehingga kandungan lemaknya sangat sehat meskipun kalorinya bertambah. Kemudian pilih juga protein yang mengandung lemak sehat, misalnya adalah ikan laut seperti salmon, tenggiri, dan tongkol juga bisa karena ikan laut tersebut mengandung asam lemak omega 3,” jelas Ardy.
 
“Atau bisa juga dengan menambahkan asupan protein dari whey atau susu. Keduanya merupakan makanan yang tinggi kalori, tetapi memiliki kandungan protein yang sehat,” ujar Ardy. Selain itu, bisa juga memilih karbohidrat kompleks.
 
Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks diantaranya adalah gandum, oatmeal, dan chia seed. Sayur dan buah juga sangat penting dikonsumsi jika seseorang ingin menaikkan berat badan karena buah dan sayur kaya akan kandungan serat.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif