Dapatkah Mendengar Detak Jantung Bayi Melalu Perut Anda?
Anda pasti bisa merasakan ketika bayi Anda bergerak-gerak sewaktu masih di dalam kandungan. (Foto: Jacob Postuma/Unsplash.com)
Jakarta: Anda pasti bisa merasakan ketika bayi Anda bergerak-gerak sewaktu masih di dalam kandungan. Dan hal tersebut bisa jadi merupakan salah satu pengalaman yang tidak terlupakan bagi Anda. 

Ketika bayi yang berada di dalam kandungan Anda bergerak-gerak, hal pertama yang mungkin Anda lakukan adalah dengan terus memegangi perut Anda.

Dan ternyata banyak wanita yang percaya bahwa mereka dapat merasakan detak jantung bayi mereka melalui dinding rahim mereka. Namun menurut May's Midwifery, apa yang mungkin Anda rasakan adalah denyut nadi dari plasenta, yang pada dasarnya adalah denyut nadi Anda yang memompa darah ke rahim, yang terasa seperti detakan jantung bayi Anda.


(Baca juga: Hal Menarik yang Dirasakan Bayi Dalam Kandungan)


(Menurut May's Midwifery, apa yang mungkin Anda rasakan adalah denyut nadi dari plasenta, yang pada dasarnya adalah denyut nadi Anda yang memompa darah ke rahim, yang terasa seperti detakan jantung bayi Anda. Foto: Marcelo Matarazzo/Unsplash.com)

Dikutip dari Romper, jantung bayi Anda meskipun pada usia kehamilan 40 minggu sangatlah kecil yang membuatnya akan sulit terdengar. 

Ada banyak organ lain seperti cairan ketuban, dinding rahim, otot perut, jaringan adiposa, dan kulit. Mungkin yang Anda rasakan bukanlah detak jantung bayi Anda tetapi beberapa organ tersebut.

Menurut Sylvia Ramos, seorang ahli dalam bidang USG mengatakan bahwa itu juga bisa menjadi detak jantung Anda sendiri yang Anda rasakan. 

"Aorta perut Anda benar-benar aktif ketika Anda hamil, dan Anda memiliki lebih banyak darah, jadi mungkin Anda bisa merasakannya melalui perut Anda." Ramos mengatakan bahwa denyut nadi plasenta, atau darah yang mengalir melalui rahim, bergerak di sekitar dan beberapa wanita mungkin merasakannya lebih intens dibandingkan yang lain.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id