Stres tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik dan mental, tetapi juga dapat mengganggu kesehatan rambut Anda. (Ilustrasi/Pexels)
Stres tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik dan mental, tetapi juga dapat mengganggu kesehatan rambut Anda. (Ilustrasi/Pexels)

Hubungan Stres dengan Kerontokan Rambut

Rona stres
Raka Lestari • 27 Juni 2020 06:03
Jakarta: Stres tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik dan mental, tetapi juga dapat mengganggu kesehatan rambut Anda. Banyak orang yang mengeluhkan bahwa mereka mengalami kerontokan rambut ketika merasa stres. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?
 
“Tubuh kita mempersepsi stres mental sama seperti mempersepsi stres fisik. Dan setiap stres yang terjadi secara dramatis pada tubuh dapat menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi terganggu,” ujar Michelle Henry, MD, seorang dokter kulit yang berbasis di New York, seperti dilansir Health.
 
“Dan ketika pertumbuhan rambut terganggu, proses ini disebut dengan telogen effluvium atau kerontokan rambut secara berlebihan yang disebabkan oleh stres,” kata Dr Henry.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketika tubuh merasa stres, maka akan mengeluarkan hormon kortisol. “Hormon kortisol ini akan berpengaruh pada folikel rambut dan menyebabkan kerontokan rambut,” ujar Angelo Landriscina, MD, seorang ahli dermatologi di Washington, DC, Amerika Serikat. Kerontokan rambut tersebut biasanya akan terjadi selama tiga bulan setelah kejadian yang membuat stres tersebut.
 
“Belum bisa dijelaskan secara pasti bagaimana telogen effluvium, tetapi itu dikaitkan dengan peristiwa kehidupan yang membuat stres dalam jumlah signifikan, peristiwa yang secara fisik membuat stres seperti sakit parah atau menjalani operasi,” kata Dr Landriscina.
 
“Stres secara harfiah membuat rambut mengalami syok, sehingga rambut Anda rontok,” tambahnya.
 
Untuk mengatasi kerontokan rambut akibat stres, penting untuk menghindari hal-hal yang bisa membuat Anda merasa stres. “Tetap bersosialisasi dengan orang-orang yang Anda cintai bisa menjadi pilihan. Depresi dan isolasi dapat menyebabkan efek langsung pada kesejahteraan Anda termasuk juga pada kesehatan mental,” kata Dr Henry.
 
Ia juga menyarankan untuk mempertahankan kesehatan dengan tidur yang cukup, mengonsumsi makanan sehati, rutin berolahraga untuk menghindari stres dan mengurangi stres yang dirasakan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena akan tumbuh rambut baru untuk menggantikan rambut yang rontok.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif