NEWSTICKER
Secara medis penggunaan alkohol 70 persen bisa membunuh kuman atau virus. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Secara medis penggunaan alkohol 70 persen bisa membunuh kuman atau virus. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Apakah Penggunaan Alkohol 70 Persen Bisa Menggantikan Hand Sanitizer?

Rona hand sanitizer
Raka Lestari • 18 Maret 2020 11:06
Jakarta: Dengan semakin bertambahnya kasus covid-19 di Indonesia, masyarakat pun semakin memburu barang-barang yang dapat mencegah penularan virus tersebut, seperti masker dan hand sanitizer.
 
Dengan banyaknya warga yang mencari kedua barang tersebut, harga masker dan hand sanitizer pun semakin meningkat karena terjadinya kelangkaan.
 
Hal ini membuat masyarakat menjadi lebih kreatif untuk mencari alternatif pengganti masker dan hand sanitizer. Hand sanitizer contohnya, beberapa informasi menyebutkan bahwa penggunaan alkohol 70 persen bisa digunakan untuk menggantikan hand sanitizer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Endi Novianto, SpKK, FINSDV, FAADV, menjelaskan, “Secara medis penggunaan alkohol 70 persen bisa membunuh kuman atau virus tetapi karena alkohol 70 persen untuk medis tidak ditambahkan pelembap sehingga pada orang yang kulitnya sensitif dapat terjadi iritasi bila digunakan dalam jangka panjang,” ujarnya.
 
Selain itu, ada juga banyak informasi yang beredar mengenai cara membuat hand sanitizer secara mandiri.
 
“Membuat atau mencampur hand sanitizer sendiri sebenarnya sangat tidak dianjurkan. Pencampuran bahan berbeda hanya boleh dilakukan oleh tenaga ahli yang sesuai, misalnya apoteker,” ujar dr. Endi.
 
“Hasil campuran tersebut juga tidak boleh dipasarkan bila tidak mendapat izin dari BPOM atau Kemenkes. Sedangkan untuk alkohol 70 persen, masih bisa digunakan selama masih dalam kondisi aslinya. Atau bisa juga digunakan dalam keadaan emergency sampai tersedia hand sanitizer yang resmi di pasaran,” tambah dr. Endi.
 
Akan tetapi, dr. Erlina Burhan, M.Sc, SpP (K), selaku Konsultan Paru Sub Infeksi RSUP Persahabatan, menegaskan bahwa mencuci tangan dengan sabun dinilai efektif membunuh kuman penyebab penyakit. 
 
"Kalau ada sabun yang sudah pasti kandungannya (membunuh kuman) mending pakai itu. Kalau yang dibuat sendiri kan kita tidak tahu kandungannya. Hand sanitizer kan tidak harus yang mahal," ujarnya. 
 
Ia juga menegaskan agar sebisa mungkin menggunakan sabun dan air saja dalam mencuci tangan. Penggunaan hand sanitizer untuk mencuci tangan bisa dilakukan ketika sedang bepergian atau ketika tidak menemukan sabun dan air yang mengalir untuk mencuci tangan. 
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif