Ilustrasi hand sanitizer. Medcom.id/Mohammad Rizal
Ilustrasi hand sanitizer. Medcom.id/Mohammad Rizal

Tak Mempan dengan Hand Sanitizer, Ini Langkah Pencegahan Hepatitis Akut

Pendidikan hand sanitizer protokol kesehatan BRIN Hepatitis Akut
Ilham Pratama Putra • 12 Mei 2022 15:30
Jakarta: Plt Kepala Pusat Riset Kedokteran Pre-klinis dan Klinis Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Harimat Hendarwan, menyebut ilmuan menduga hepatitis akut didasari oleh Adenovirus. Dia menuturkan bila benar, penyakit ini kebal dengan alkohol base pada hand sanitizer yang selama ini digunakan untuk membersihkan tangan mencegah covid-19.
 
"Ada satu hal yang bisa kita catat dari virus ini adalah cenderung tahan lama pada permukaan dan alkohol based dan hand sanitizer tidak bekerja dengan baik," ujar Harimat dalam konferensi pers daring BRIN, Kamis, 12 Mei 2022.
 
Dia menyebut dalam upaya pencegahan diperlukan perhatian lebih soal kebersihan. Harimat menyebut sebaiknya mencuci tangan dengan air dan sabun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Langkah-langkah umum lainnya kebersihan pernapasan, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, menghindari kontak dengan orang sakit," papar dia.
 
Masyarakat juga diminta tetap menjalankan protokol kesehatan. Seperti memaskai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.
 
"Kurangi mobilitas, gunakan masker jika bepergian, jaga jarak dengan orang lain, hindari keramaian atau kerumunan," tutur dia.
 
Baca: Peneliti BRIN Duga Terdapat Adenovirus Tipe 41 dalam Hepatitis Akut
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif