Kepala Organisasi Riset Kesehatan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Indi Darmayanti. DOK BRIN
Kepala Organisasi Riset Kesehatan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Indi Darmayanti. DOK BRIN

Peneliti BRIN Duga Terdapat Adenovirus Tipe 41 dalam Hepatitis Akut

Pendidikan penelitian Riset dan Penelitian BRIN Hepatitis Akut
Ilham Pratama Putra • 12 Mei 2022 15:05
Jakarta: Kepala Organisasi Riset Kesehatan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Indi Dharmayanti, menyebut peneliti dunia menduga ada keterlibatan pathogen seperti Adenovirus tipe 41 dalam hepatitis akut misterius. Sebab, sebagian besar kasus yang dideteksi memperlihatkan keberadaan pathogen tersebut.
 
"Adenovirus ini memang menyebabkan munculnya diare, muntah, demam, dan gejala pernapasan," jelas Indi dalam konferensi pers daring BRIN, Kamis, 12 Mei 2022.
 
Dia menjelaskan Adenovirus merupakan virus DNA untai ganda yang menyebar melalui kontak pribadi yang dekat, tetesan pernapasan atau droplet, dan fomites. Sejauh ini, terdapat lebih dari 50 jenis Adenovirus berbeda secara imunologis yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Adenovirus paling sering menyebabkan penyakit pernapasan tetapi tergantung pada jenis Adenovirus. Virus ini dapat menyebabkan penyakit lain, seperti gastroenteritis, konjungtivitis, sistitis, dan yang lebih jarang penyakin neurologis," papar dia.
 
Indi mengatakan sejauh ini tidak ada pengobatan khusus untuk infeksi Adenovirus. Adenovirus tipe 41 umumnya menyebabkan gastroenteritis akut pada anak yang biasanya muncul sebagai diare, muntah, dan demam disertai gejala pernapasan.
 
Dia menuturkan BRIN akan segera meneliti hepatitis akut tersebut. Indi menyebut BRIN memiliki kemampuan yang cukup untuk meriset penyakit ini.
 
"Banyaknya hipotesis yang berkembang dan banyaknya hal yang belum diketahui, BRIN dalam hal ini punya SDM periset andal dan peralatan lengkap. Saya rasa sangat cukup sangat lengkap untuk ukuran Indonesia dalam mengerjakan genomic kemudian secara strukutr virus sampai uji preklinik," tutur dia.
 
Baca: KPAI Dorong Evaluasi Pembukaan Kantin Sekolah Saat PTM di Tengah Merebaknya Hepatitis Akut
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif