Berikut 10 cara mengelola rasa sakit dan kontraksi persalinan tanpa obat-obatan. (Foto: Pexels.com)
Berikut 10 cara mengelola rasa sakit dan kontraksi persalinan tanpa obat-obatan. (Foto: Pexels.com)

10 Cara Kurangi Sakit Kontraksi Persalinan

Rona kehamilan
Anda Nurlaila • 22 Februari 2019 07:39
Jakarta: Rasa sakit akibat kontraksi saat persalinan seringkali membuat calon ibu memilih obat pereda nyeri. Bila ingin melahirkan tanpa menggunakan obat-obatan, teknik Lamaze dapat membuat Anda lebih nyaman menghadapi gelombang kontraksi.  
 
Mengutip Parents, berikut 10 cara mengelola rasa sakit dan kontraksi persalinan tanpa obat-obatan:
 
1. Lingkungan yang menenangkan
Pilih tempat untuk melahirkan yang terasa nyaman di mana terdapat area untuk berjalan-jalan dan mandi. Adanya peralatan dan furnitur untuk meningkatkan gerakan dan menghilangkan rasa sakit seperti kursi goyang, bola persalinan, bangku rendah, squat bar, dan tempat tidur lembut.
 
Termasuk kebijakan klinik mengenai kebebasan mencoba berbagai posisi. Akses ke perawatan medis sangat penting jika timbul masalah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


2. Pilih tim persalinan yang mendukung
Bidan, dokter, perawat, pasangan, orang yang dicintai, dan doula (pendamping persalinan) berperan penting dalam tim persalinan.
 
Pilih orang dapat memperlakukan Anda dengan hormat dan sabar. Dukungan yang tepat membantu mengurangi stres sehingga Anda dapat menemukan cara terbaik mengelola rasa sakit.
 
3. Pelajari tentang persalinan
Cari tahu hal-hal berkaitan kelahiran bayi lewat buku, majalah, situs web, video, kelas, tur rumah sakit, dan diskusi dengan penyedia layanan kesehatan, doula, keluarga, dan teman-teman. Biasakan diri dengan prosedur dan kebiasaan di rumah sakit atau klinik bersalin serta fleksibilitasnya. Makin dalam pengetahuan makin baik persiapan persalinan.
 
(Baca juga: Ketahui Proses Persalinan Sampai Kelahiran)
 
10 Cara Kurangi Sakit Kontraksi Persalinan
(Rasa sakit akibat kontraksi saat persalinan seringkali membuat calon ibu memilih obat pereda nyeri. Bila ingin melahirkan tanpa menggunakan obat-obatan, teknik Lamaze dapat membuat Anda lebih nyaman menghadapi gelombang kontraksi. Foto: Pexels.com)
 
4. Ekspresikan ketakutan
Ungkapkan ketakutan Anda kepada teman yang berpengetahuan dan tepercaya, pendidik persalinan, atau doula. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih lega dan memungkinkan belajar mengenai solusi kekhawatiran Anda. Menyuarakan keinginan mengenai rencana kelahiran juga membantu menenangkan.
 
5. Latih pernapasan
Teknik pernapasan dapat membantu mengelola kontraksi. Bernapaslah dalam ritme yang lambat selama kontraksi. Lepaskan ketegangan lewat pernapasan dan cobalah mengerang. Ambil napas cepat sekali setiap 2-3 detik atau 20-30 kali per menit.
 
Jika Anda kehilangan ritme, pasangan atau doula dapat membantu melalui kontak mata, gerakan tangan atau kepala berirama, atau dengan berbicara melalui kontraksi.
 
6. Gunakan citra dan visualisasi
Fokus pada sesuatu yang membuat Anda bahagia seperti wajah pasangan atau objek favorit yang melibatkan indra dan mengurangi kesadaran akan rasa sakit. Putar musik yang menenangkan, atau rekaman gelombang laut dan bayangkan Anda berada di tempat yang santai.
 
7. Mandi air hangat
Mandi air hangat dapat menenangkan, terutama saat mengarahkan shower ke perut atau punggung. Mandi di air hangat bisa membuat Anda rileks bahkan bisa mempercepat proses persalinan.
 
8. Terus bergerak
Bergeraklah sebanyak yang bisa dilakukan agar lebih nyaman seperti berjalan, bersandar, bergoyang dan berjongkok. Beberapa posisi akan terasa lebih nyaman daripada yang lain.
 
9. Kompres hangat atau dingin
Letakkan kantung berisi air hangat di perut bagian bawah, pangkal paha, punggung bawah, atau bahu saat kontraksi.
 
Sarung tangan lateks yang diisi dengan keping es dapat membantu menenangkan area yang menyakitkan. Kain dingin dapat digunakan melap wajah, dada, atau leher yang berkeringat.
 
10. Nikmati sentuhan atau pijatan lembut
Sentuhan di wajah atau rambut, seseorang yang memegang tangan dan menepuk ringan bahu Anda menunjukkan perhatian dan kasih sayang. Mintalah pasangan atau doula melakukan pijatan ringan atau sedang dengan minyak dan losion untuk membantu menenangkan.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi