Bagaimana proses melahirkan? Berikut informasinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com)
Bagaimana proses melahirkan? Berikut informasinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com)

Ketahui Proses Persalinan Sampai Kelahiran

Rona kehamilan
16 Januari 2019 13:57
Jakarta: Persalinan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh ibu hamil, sebuah waktu yang menyenangkan namun di sisi lain merupakan hal yang paling mendebarkan.
 
Di sisi lain persalinan juga menjadi mendebarkan khususnya bagi calon ibu baru, di mana terbayang proses persalinan yang menyakitkan, mengeluarkan energi yang begitu banyak, dan sebuah perjuangan yang cukup melelahkan, dilansir BabyCenter.
 
Biasanya, ibu yang baru pertama kali melahirkan membutuhkan waktu kurang lebih 18 jam. Sementara yang sudah pernah melahirkan membutuhkan waktu sekitar 12 jam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga: Ingin BAB saat Melahirkan, Normal atau Tidak?)
 
Tentu saja, perhitungan waktu ini hanyalah perkiraan karena setiap proses kelahiran itu unik. setiap perempuan bisa mengalami hal yang berbeda.
 
Ketahui Proses Persalinan Sampai KelahiranKontraksi persalinan yang sebenarnya berirama dan menyakitkan, dan tumbuh secara konsisten lebih kuat. Ketika pita-pita otot vertikal panjang rahim mengencang, menarik leher rahim terbuka.
 
Otot-otot yang kuat di bagian atas rahim mendorong ke bawah dan melepaskan serta membimbing bayi Anda ke arah leher rahim.
 
Ketika kantung ketuban Anda pecah, itu bisa terasa seperti tetesan atau semburan cairan. Leher rahim Anda akan mulai membuka dan menipis, yang dikenal sebagai pelebaran dan penipisan. Setelah Anda mencapai sekitar empat sentimeter, tubuh Anda akan bergerak ke persalinan aktif.
 
Dalam persalinan aktif, kontraksi menjadi lebih kuat dan lebih dekat. Pada delapan sentimeter, Anda memasuki bagian paling menyakitkan dari persalinan transisi. Dengan 10 sentimeter, Anda sepenuhnya melebar dan mungkin merasakan dorongan untuk melahirkan. Ini adalah sinyal Anda bahwa persalinan tahap kedua telah dimulai.
 
Bayi Anda akan bergerak turun dengan setiap kontraksi. Lalu, tiga tulang lunak kepalanya yang terpisah sementara tumpang tindih. Sehingga si kecil bisa melewati jalan lahir yang nyaman dan kulit kepalanya akan terlihat.
 
Pada tahap persalinan ketiga dan terakhir, plasenta Anda terlepas dan dikeluarkan. Dengan napas pertama bayi Anda lahir dengan lancar.
 

Maria Fransiska
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif